Dinas DPMD Kabupaten Bekasi Maksimalkan Pengadaan BUMDes

  • Share

CIKARANG PUSAT – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi terus maksimalkan pengadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) demi tercipta kestabilan perekonomian tingkat masyarakat desa.

Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ida Farida menyebutkan dari 180 Desa di Kabupaten Bekasi baru sekitar 90 desa yang sudah membangun BUMDes di daerahnya masing-masing.

“Belum seluruhnya desa di Kabupaten Bekasi memiliki BUMDes. Sekarang baru ada 90 BUMDes yang dimiliki tiap-tiap Desa, dan kita terus lakukan pendorongan bagi Desa yang belum memiliki BUMDes, “kata dia kepada urbanjabar, Rabu 28 Agustrus 2019

Oleh karena itu untuk saat ini pihaknya akan memaksimalkan dan mendorong agar semua kepala desa dapat mengembangkan BUMDes untuk menggali dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya.

“Jadi, kita mau di setiap desa itu ada, baik dari hasil kuliner ataupun pengrajin tangannya, dan jika itu semua desa ada, tentunya kita juga akan bekerjasama dengan dinas terkait untuk membantu pemasaran di luar desa, ya syukur-syukur masyarakat ada kemampuan untuk membuat kerajinan tangan yang nanti menjadi cenderamata untuk Kabupaten Bekasi” ucapnya.

Ida Farida juga menegaskan BUMDes, selain untuk membantu perekonomian masyarakat, tentunya masyarakat juga bisa belajar dalam mengelola managemen keuangan, hasil dari BUMDes tersebut, dan tentunya, pihak desa juga harus mengontrol dan terus meningkatkan hasil produk yang dimilikinya.

“Intinya, ditingkat desa ini adalah jantung, bagaimana tolak ukur kesejahteraan masyarakat kabupaten Bekasi terhadap masyarakatnya itu sendiri,”jelasnya.

Selain itu juga kepala DPMD Kabupaten Bekasi ini, akan berencana membantu untuk menyalurkan hasil karya yang dimiliki masyarakat ke perusahaan besar yang ada di Kabupaten Bekasi, sehingga dapat membatu lebih perekonomian yang di miliki dari masyarakat itu sendiri. (eug)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *