Holik Dukung Wacana TPSS

BN Holiq 2
Anggota DPRD Kabupaten Bekasi BN Holiq saat memberikan sambutan. (Foto: Sti Urbanjabar.com)
DEWAWEB

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Pusat – Permasalahan sampah tak kunjung selesai di Kabupaten Bekasi jika tidak ada solusi yang komperensif. Wacana Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di setiap desa yang sempat digulir dinilai menjadi salah satu solusi mengurangi volume sampah.

Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah mengaku jika wacana TPPS di setiap desa merupakan salah satu gagasan yang bagus untuk mengurangi volume sampah di TPA Burangkeng dan meminimalisir keberadaan sampah-sampah liar.

“Wacana TPSS setiap desa sangat baik, jika itu ada bagus berarti Bupati peduli terhadap kebersihan. Karena saat ini keberadaan sampah sudah sangat mengkhawatir, bahkan sekarang banyak yang buang sampah ke jalanan dengan jalan dilempar,”kata Politisi Partai Gerindra ini.

Untuk anggaran pembuataan TPSS di setiap desa, dikatakan Holik dapat mengandalkan dana desa. ”Itu kan bisa dari ADD bisa, aspirasi dewan. Saya pikir itu bisa,”tuturnya.

Namun, Holik mengingatkan agar TPSS di setiap desa itu harus dikelola secara baik dengan konsep 3R, agar sampah ekonomis bisa dimanfaatkan oleh warga dan yang tidak bernilai ekonomis dapat dibuang atau dimusnahkan.

Untuk diketahui, beberapa Kepala Desa di Kabupaten Bekasi mengeluhkan jika untuk membuat TPSS terkendala di lahan”Kalau itu sudah peraturan tentu kita dukung program pemerintah, mungkin terkendala dilahan untuk pemanfaatan TPSS,”kata Kepala Desa Tridaya Sakti, Suwardi Wada.

Ketua OKK Karang Taruna, Acep Juandi mengatakan permasalahan penyediaan lahan TPSS sebenarnya bisa diatasi, salah satunya mewajibkan pengembang perumahan untuk menyediakan TPSS di lahan fasos-fasum.

“Kan ada fasos fasum, kita sebagai Karang Taruna memberikan saran. Ada satu item,yang ditambahkan perumahan itu wajib menyediakan TPSS,” tandasnya.

(jam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here