DPMD Kejar Tiga Besar Lomba Bangun Desa Wisata Nusantara

DPMD Kabupaten Bekasi
Jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi. (Foto: urbanjabar.com)
DEWAWEB

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Pusat – Lomba membangun Desa Wisata Nusantara 2019, secara serentak terus bergulir di seluruh pelosok daerah Indonesia. Tak terkecuali, Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat, Ida Farida mengungkapkan bahwa Kabupaten Bekasi mendapat 28 besar yang akan diverifikasi.

“Mudah-mudahan, membawa satu keberkahan bagi pemerintah Kabupaten Bekasi. Harapan kita semua dengan kedatangan tim ini, Kabupaten Bekasi dapat masuk 3 besar,” ucap dia, kemarin, 9 September 2019.

Ida melanjutkan verifikasi lomba Desa Wisata Nusantara yang dicanangkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berpusat di Rawa Binong, Desa Hegarmukti, Cikarang Pusat.

“Dengan adanya desa bekerja sama dengan BUMDes, ini menimbulkan multiplayer effect (hasil kali pertambahan tiap pos pendapatan Nasional) yang luar biasa untuk kesejahteraan desa khususnya. Serta, secara umum Kabupaten Bekasi,” imbuh dia.

Ketua Tim Verifikasi Lomba Desa, Iwan Yuliadi menuturkan beberapa hal yang harus dilihat dalam Desa Wisata, yang memiliki kategori baik.

“Dari mulai di lapangan, infrastruktur, administrasi, pembukuan, dan lain-lain,” ujarnya.

Hasil dari penilaian, sambung dia, nantinya akan disampaikan pada tim yang verifikasi lain.

“Semoga Desa Hegarmukti, Situ Binong ini dapat menjadi kandidat, dan nantinya menjuarai membangun desa wisata 2019,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Hegarmukti, Ajo Subarjo, mengharapkan daerahnya dapat menjadi ecowisata di Kabupaten Bekasi. Serta, dapat memajukan dan mengembangkan ekonomi kecil di wilayahnya.

“Semoga Situ Rawa Binong dapat menjadi ecowisata di Kabupaten Bekasi. Kehidupan dari pedagang kecil, dapat dikembangkan,” tutupnya.

(kui)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here