Desa Kertarahayu akan Maksimalkan Potensi Wisata Lewat BUMDes

Kades Kertarahayu
Kades Kertarahayu Rudi Catur Pribadi. (Sti urbanjabar.com)

KABUPATEN BEKASI, Setu – Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu dikenal sebagai kawasan hijau di Kabupaten Bekasi. Pemerintah Desa (Pemdes) akan mengoptimalkan potensi wisata lokal dengan menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cikahuripan.

Rencananya, tiga titik lokasi untuk dijadikan objek wisata yaitu Taman Desa, Kolam Renang Cisaat dan Bumi Perkemahan yang berada di sekitar Sasak Mare.

“Untuk mendobrak memang harus kita, tidak bisa mengandalkan pihak luar. Saya sudah berkoordinasi dengan pendamping desa, BUMDes bisa untuk membangun wisata. Selama tidak keluar jalur tidak masalah,” kata Kepala Desa Kertarahayu, Rudi Catur Pribadi usai ditemui di rapat minggon, Rabu, 16 Oktober 2019.

Rudi menargetkan BUMDes Cikahuripan akan membangun objek wisata mulai tahun 2020, “Target tahun 2020 sudah jalan. Selama ini BUMDes dalam bidang penjualan ATK,” tuturnya.

Untuk membangun tiga objek wisata tersebut membutuhkan investasi yang cukup besar. Rudi mengakui pembangunan tidak bisa secara langsung namun dilakukan secara bertahap.

Desa Kertarahayu
Salah satu bagian Desa Kertarahayu. (Dego for Urbanjabar.com)

“Memang kalau langsung semua dibangun itu anggaran tidak cukup, oleh sebab itu kita bertahap. Pertama mungkin yang dibangun itu kolam renang terlebih dahulu,”katanya.

Rudi pun memastikan selama ia menjabat akan tetap mempertahankan Desa Kertarahayu sebagai desa jalur penghijauan, lantaran dikenal sebagai keasrian.

Ketua Pokdarwis Cikahuripan, Iwan mengatakan selama ini Pokdarwis kebingungan untuk memaksimalkan potensi wisata lantaran tidak adanya anggaran.

“Desa Kertarahayu awalnya disebut Desa Agro dan sekarang jadi Desa Agro Wisata. Namun kendalanya kita belum bisa memaksimalkan potensi wisata karena tidak ada anggaran untuk mengonsep,” katanya.

Setelah intensi berkomunikasi dengan Kepala Desa, akhirnya Pemerintah Desa sepakat akan mengelola wisata dengan menggandeng BUMDes.

(sti)

Responses (25)

  1. Long time supporter, and thought I’d drop a comment.

    Your wordpress site is very sleek – hope you don’t
    mind me asking what theme you’re using? (and don’t mind if
    I steal it? :P)

    I just launched my site –also built in wordpress like yours–
    but the theme slows (!) the site down quite a bit.

    In case you have a minute, you can find it by searching for “royal cbd” on Google (would appreciate any feedback)
    – it’s still in the works.

    Keep up the good work– and hope you all take care of yourself during the coronavirus scare!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *