DPMD Gulirkan Monev Siskeudes Nontunai

  • Share
Siskeudes 1
Kadis DPMD Ida Farida memimpin pelaksanaan monev siskeudes nontunai di Serang Baru, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Urbanjabar.com)

KABUPATEN BEKASI, Serang Baru – Dalam upaya mengawal transparasi keuangan desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  melaksanakan monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan berbasis sistem keuangan desa (siskeudes) di aula kantor Kecamatan Serang Baru, Selasa, 22 Oktober 2019.

“Alhamdulilah kita sudah mendapatkan info secara langsung system pengelolaan keuangan desa, karena kita juga akan melakukan pembayaran nontunai secara bertahap. Tapi ada juga desa yang sudah bisa melaksanakan pembayaran secara non tunai, “ kata Kepala DPMD Kabupaten Bekasi Ida Farida kepada urbanjabar.com, Selasa, 22 Oktober 2019

Artinya, bicara tentang pengelolaan uang tersebut bisa dilihat dari web desa, kemudian bagaimana sistem perencanaannya juga di buat dengan sebaik-baiknya dan betul-betul dana desa itu digunakan untuk keperluan masyarakat.

“Jadi kalau ada yang masih kurang-kurang, jadi disini mereka lebih banyak bertanya. Pajak mereka semua udah bayar tapi ketika masuk dalam pembukuaan itu yang mereka belum paham karena kalau kekantor pajak biasanya akumulasi tapi dalam sistem pembukan tetap di jurnal satu-satu. tentunya kita juga menggunakan kominikasi yang di pahami mereka dan kedepannya kita ingin secara online dan bisa diakses dari rumah aja,” paparnya.

Siskeudes 2
Pelaksanaan monev Siskeudes di Serang Baru, Selasa (22 September 2019). (Foto: Urbanjabar.com)

Masih kata Ida, dari sepuluh kecamatan dan variatif karena sudah ada surat edaran dari Bupati yang dikeluarkan untuk pengelolaan secara nontunai. Tapi Kalau untuk honor kita sudah mulai dari bulan kemarin dan semuanya sudah nontunai.

“ Jadi by name by address by rekening, kita gak mau lagi nanti tidak sesuai peruntukannya. Kita mengajarkan semuanya yah, saya sendiri dengan jajaran di DPMD di kecamatan semuanya bagaimana pengelolaannya,” tutup Ida.

(ueg)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *