Puluhan Bibit Pohon Pemberian Iwan Fals Ditanam di Kertarahayu

Bibit Pohon Iwan Fals
Kades Kertarahayu Rudi Catur Pribadi bersama menanam salah satu pohon, Kamis, 31 Oktober 2019. (Sti urbanjabar.com)
DEWAWEB

KABUPATEN BEKASI, Setu – Pemerintah Desa (Pemdes) Kertarahayu bekerja sama dengan ormas Oi Kabupaten Bekasi menanam bibit pohon pemberian musisi legendaris Iwan Fals di Kampung Cisaat, Kamis, 31 Oktober 2019. Sekitar 30 bibit pohon ditanam.

Kepala Desa Kertarahayu, Rudi Catur Pribadi mengatakan lokasi itu rencana juga akan dibangun “Taman Desa Kertarahayu” yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.

“Menindalanjuti pemberian bibit pohon dari Bang Iwan Fals di Ramayana Cibitung, kita langsung tanam di lokasi yang memang akan dibangun taman desa untuk tempat wisata. Kita berterima kasih kepada Ormas Oi yang sudah menyalurkan bibit pohon kepada Desa Kertarahayu,” katanya.

Rudi mengatakan akan membangun taman desa seluas satu hektar. Pemdes juga berencana memindahkan kantor desa berdekatan dengan lokasi taman desa.

“Lokasi lahan berada di Tanah Kas Desa (TKD), kita bikin semacam alun-alun. Sekaligus ada panggung, setiap kegiatan seni biar tumplek disitu (taman desa),”tuturnya.

Pembangunan taman desa rencana akan dimulai tahun 2020. Rudi mengatakan pembangunan terinpirasi salah satu desa di Purwakarta. “Pengelolaan kita serahkan ke BUMDes,” katanya.

Sebagai desa wisata, Rudi mengatakan pihaknya membutuhkan banyak bibit pohon agar Desa Kertarahayu tetap terjaga keasriannya.

Ketua BPK Oi Kabupaten Bekasi, Abdur Rohman mengatakan tanam pohon merupakan program resmi dari pengurus pusat Ormas Oi.

“Kegiatan tanam pohon sekaligus menjelang konser Iwan Fals. Bibit ini rencana mau ditanam di Jababeka, tapi kita tolak. Karena Setu merupakan wilayah yang membutuhkan bibit pohon khususnya Desa Kertarahayu yang dikenal sebagai jalur penghijauan,”ungkapnya.

Ormas Oi dikatakan pria yang akrab disapa Dego ini akan terus menanam pohon di Kabupaten Bekasi.

“Apa yang kita tanam dapat dirasakan semua. Karena kita ini bernafas dari pohon,” tuturnya.

Ketua Pokdarwis Cikahuripan, Iwan mengatakan sebagai desa wisata membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak salah satunya Ormas Oi Kabupaten Bekasi.

Penanaman pohon pemberian Iwan Fals itu dihadiri oleh Karang Taruna Kecamatan Setu, KNPI Setu, BPD Kertarahayu dan Pemuda Pancasila.

(sti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here