DPMD Berupaya Tingkatkan Potensi Masyarakat Desa

  • Share
Tingkatkan Kapasitas Potensi Masyarakat Desa 1
Kepala DPMD Ida Farida beserta peserta pelatihan, Kamis, 7 November 2019. (Foto: Urbanjabar.com)

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Selatan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) gelar pelatihan peningkatan kapasitas potensi masyarakat desa. Kegiatan yang berpusat di Batiqa Hotel Jababeka, Kecamatan Cikarang Utara itu targetnya desa-desa yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi, mampu membuka peluang usaha demi membangun masyarakat yang sejahtera.

Dalam sambutannya, Kepala DPMD Kabupaten Bekasi Ida Farida menyampaikan bahwa pelatihan dalam peningkatan kapasitas potensi masyarakat desa.

Karena menurut dia, desa harus bisa meningkatkan kemampuan dan kemandiriannya dalam pelaksanaan pembangunan di pedesaan. Hal itu sesuai dengan Peraturan Mentri Desa Nomor 16 tahun 2018 tentang Perioritas Pengunaan Dana Desa.

“Ya kalau saya liat Kabupaten Bekasi harus bisa di 2020, untuk bisa mengikuti kompotisi-kompotisi desa. Dan ini harus di mulai dari sekarang, artinya, kita harus punya inovasi, dan tentunya kita harus bisa membaca peluang karena daftar jumlah penduduk mencapai 3,5 juta. Ini tentu peluangnya banyak, dan masalahnya juga bisa banyak tapi jadikan masalah itu sumber pendapatan, jangan masalah itu cuma dijadikan masalah,“ tegasnya.

Tingkatkan Kapasitas Potensi Masyarakat Desa 2
Pelatihan peningkatan potensi masyarakat desa. (Foto: Urbanjabar.com)

Namun begitu ia juga berharap, bahwa harus adanya pemetaan, karena menurutnya jika bicara bagaimana kapasitas potensi yang nanti ada, tentunya desa bisa memberi kesejahteraan kepada masyarakat.

“Ini kita harus juga mencoba menghindari terjadi urbanisasi besar-besaran, sehingga tidak ada masyarakat yang mencari pekerjaan diluar. Yang sifatnya juga belum pasti, dan seharusnya di desa itu bisa memberi peluang-peluang usaha yang nanti diciptakan, tentunya yang terpenting kita harus bisa menjadi entepreneur muda yang penuh dengan inovasi,” ucapnya.

Selain itu, perlu diketahui Desa Bantarjaya sedang mengikuti kompotisi tentang pengunaan teknologi dalam program pertanian. DPMD pun berharap, bahwa desa-desa lain bisa dan mampu memberi inovasi demi kemajuan masyarakat.

“Mungkin untuk saat ini masih berada di tahapan edukasi, dan harapan kami ditahun 2020, desa-desa bisa turun, untuk mengikuti kompetisi inovasi yang dimiliki dari tiap-tiap desa,“ tutupnya.

(kui)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *