Dorong UMKM di Kabupaten Bekasi Naik Kelas, BRI Gelar Pelatihan untuk 100 Pelaku Usaha

  • Share
Pelatihan 1000 UMKM
Pelatihan 10.000 UMKM yang digelar Kanwil II Jakarta BRI di Hotel Holiday Inn, Selasa, 11 November 2019. (Sti Urbanjabar.com)

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Selatan -Sebanyak 100 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bekasi mengikuti pelatihan wirausaha yang diselanggarakan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Holiday Inn, Selasa, 12 November 2019. Total BRI memberikan pelatihan kepada 10 ribu pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia.

Wakil Pemimpin Wilayah BRI II, Muhamad Yasir mengatakan ditengah kemajuan teknologi. Kapabilitas para pelaku umkm harus ditingkatkan.

“Konsentrasi kita memang banyak di pelaku umkm. Harapan pelaku umkm ini bisa naik kelas. Karena dipelatihan ini diajarkan mengenai manajemen, keuangan, e commerce dan digital, sehingga bisa membuka wawasan mereka,”katanya ditemui usai membuka pelatihan umkm di Cikarang.

Di wilayah DKI II , dikatakan Yasir pelatihan umkm diselanggarakan di enam titik. “Ini (Cikarang) titik ketiga, kita adakan di Cikampek, Karawang, Cikarang, Cibinong, Depok dan Bekasi,”katanya.

Pelatihan umkm ini juga dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) BRI yang ke 124. Yasir mengatakan pelatihan ini masuk dalam program CSR BRI. Para pelaku umkm diberikan pemahaman mengenai pendidikan administrasi dan manajemen keuangan, enterpreneurship, akses perbankan dan e-commerce.

Dalam pelatihan ini, BRI menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Ketua LPPM Universitas Pelita Bangsa Retno Purwani Setyaningrum, para pelaku umkm dan perwakilan dari Tokopedia.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Iyan Priyatna dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada BRI yang telah memberikan pelatihan kepada umkm di Kabupaten Bekasi.

“Saya apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak BRI. Saya harap pelatihan ini bisa memberikan wawasan kepada pelaku umkm. Karena salah satu program pemerintah adalah mencetak pelaku umkm baru,”katanya dalam sambutan.

BRI juga memamerkan produk-produk UMKM binaan Pemerintah Kabupaten Bekasi dan juga nasabah BRI. Tokopedia juga menyediakan spot foto produk untuk pelaku umkm.

Salah satu pengusaha kopi, Ryan mengucapkan terima kasih kepada BRI yang sudah memberikan edukasi. Pasalnya kesulitan UMKMterkendala dalam administrasi.

(sti)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *