Pemda Kabupaten Bekasi Bakal Canangkan Wisata Edukasi

  • Share
Stadion Wibawa Mukti
Stadion Wibawa Mukti. (Humas Pemda Kab Bekasi)

CIKARANG PUSAT, Kabupaten Bekasi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pariwisata akan mengembangkan wisata edukasi. Wisata ini akan diterapkan di beberapa destinasi seperti pada wisata industri.

“Jadi bukan hanya jalan-jalan saja. Tapi wisatawan juga akan diberi pengetahuan umum tentang industri. Sementara ini sudah ada 11 perusahaan yang mau bekerjasama,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Encep S Jaya.

Selain wisata industri, obyek wisata lainnya yang akan dikembangkan menjadi wisata edukasi yakni Situ Binong di Desa Hegarmukti, Cikarang Pusat dan Gedung Juang Tambun Selatan.

“Orang tua yang mengajak anaknya berwisata jadi bisa sambil belajar. Mengenal sejarah dan pengetahuan umum lainnya,” katanya.

Untuk wisata alam juga direncanakan bakal dikembangkan. Kata Encep, untuk kawasan laut di Kecamatan Muaragembong, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Laut (Muaragembong) itu wilayah provinsi. Dalam waktu dekat provinsi akan membangun destinasi wisata di Muaragembong dan di Tarumajaya,” katanya.

Pembangunan destinasi wisata juga dilakukan bersama dengan akses dan infrastruktur pendukung lainnya. Oleh karena itu, kata Encep, perlu ada koordinasi dengan instansi terkait untuk membangun obyek wisata.

“Karena itu kita akan bekerjasama dengan semua dinas. Kita tidak bisa sendirian mengerjakannya,” katanya.

Selain obyek wisata tersebut, lanjut Encep, ada lima danau lainnya yang direkomendasikan untuk dijadikan destinasi wisata air. Salah satunya Situ Abidin di Kecamatan Bojongmangu.

“Wisata air yang akan dikembangkan juga tidak lepas dari wisata edukasi. Jadi selain menghibur juga mendapat ilmu pengetahuan,” ujarnya.

(sti)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *