Liga Desa Nasional Berjalan Lancar

Liga Desa 2
Foto bersama peserta Liga Desa Nusantara. (Urbanjabar.com)
DEWAWEB

KABUPATEN BEKASI – Liga Desa Nusantara (LDN) seri Nasional 2019 yang digelar Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berjalan dengan lancar.

Ya, kompetisi jilid tiga yang berpusat di Kabupaten Bekasi, ini dimenangkan tim Desa Banumas, Sumatera Selatan (Sumsel), setelah menaklukan tim Desa Palambare (Sulawesi Selatan) dengan skor 1-0.

Diketahui bersama, kegiatan yang berlangsung aelama dua hari yaitu 20-22 November 2019 ini diikuti sebanyak 18 tim dari desa di 18 provinsi se-Indonesia.

Mereka telah berjibaku dalam fase grup, perempat final, semifinal, sampai final di tiga lapangan sepakbola yang ada di Kabupaten Bekasi yakni lapangan sepakbola Desa Pasir Gombong, lapangan sepakbola H. Kandi Desa Hegarmukti dan lapangan sepakbola Desa Pasir Tanjung.

Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kemendes PDTT, Taufiq Madjid menjelaskan Liga Desa Nusantara merupakan kompetisi yang diselenggarakan sejak 2017 lalu. Pada edisi pertama seri nasional diselenggarakan di Subang. Lalu pada 2018 seri nasional di Kabupaten Tangerang dan untuk 2019 dipusatkan di Kabupaten Bekasi.

“Ada dua target orientasi dari kegiatan ini, pertama kita ingin mendorong agar generasi muda kita terhindar dari hal-hal yang tidak produktif, apalagi melakukan kenakalan remaja dan terlibat penyalahgunaan narkoba,” kata dia usai laga final LDN di Lapangan Sepakbola Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Cikarang Pusat, Jumat (23/11/2019).

Kepala DPMD Kabupaten Bekasi memberikan piala kepada pemain terbaik. (Urbanjabar.com)

Untuk kedua, sambung Taufiq, dirinya berharap adanya kegiatan ini perekonomian warga bisa bergerak.

“Nah perkonomian kita dorong untuk tumbuh dari semua subsektor. Ini perlu kita jaga disamping untuk mendukung prestasi sepakbola nasional kiat melalui bibit-bibit pesepakbola handal di tingkat desa,” imbuhnya.

Taufiq menambahkan, pada laga final yang keluar sebagai juara asalah tim sepakbola Desa Banumas (Sumatera Selatan). Mereka berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp50 juta.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Ida Farida mengaku bangga atas terpilihnya Kabupaten Bekasi sebagai lokasi pertandingan Liga Desa Nusantara Seri Nasional 2019.

Hal ini sejalan dengan semangat Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk kembali memembangkitkan kejayaan olahraga di Kabupaten Bekasi, khususnya sepakbola.

“Pemerintah Daerah sudah sangat care (peduli, Ed) terhadap persepakbolaan, salah satunya dengan mendorong Persikasi untuk bisa tampil di Liga Nasional,” kata dia.

Ida berharap dengan diselenggarakannya Liga Desa Nusantara Seri Nasional 2019 ini menjadi stimulus bagi para kepala desa yang ada di Kabupaten Bekasi untuk melahirkan bibit pesepak bola yang handal agar mampu berkiprah di Persikasi hingga ke tingkat nasional.

“Jadi kita juga mendorong agar desa tidak hanya membangun infrastrukturnya saja, tetapi SDM-nya juga dan salah satunya di bidang olahraga,” tutupnya.

(kuy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here