Ratusan Cagar Budaya di Bekasi Belum Terdata, Disbudpora akan Bentuk TACB

Gedung Juang
Gedung Juang. (Foto: kemdikbud.go.id)

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Pusat – Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) mencatat ada 107 cagar budaya di Kabupaten Bekasi. Namun, hanya Gedung Juang yang terdaftar secara resmi pada tingkat pusat.

Agar cagar budaya terdata dengan baik, Disbudpora akan membentuk Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) yang berisi lima orang berkompeten pada bidang budaya.

Sekretaris Disbudpora, Hendry Lincon, mengatakan TACB saat ini sedang dalam pembahasan mengenai mekanisme dan peraturan dengan DPRD Kabupaten Bekasi.

“TACB berisi unsur-unsur dan elemen masyarakat. Sudah kita seleksi. Ada lima orang yang akan mengisi TACB,” katanya kepada awak media baru-baru ini.

TACB berkompeten pada bidang arsitektur, sejarah, pun kurasi museum. Kemudian, TACB yang akan berfokus mengawal cagar budaya.

Lihat juga berita ini: Disbudpora jaring atlet futsal potensial lewat turnamen

“Tim ini akan memiliki peran penting terhadap keberadaan aset-aset cagar budaya, di antaranya menginventaris dan melakukan kajian-kajian bangunan ataupun tempat yang terindikasi menjadi cagar budaya di Kabupaten Bekasi,” paparnya.

Dari 107 cagar budaya yang ada, paling banyak terdapat di Kecamatan Pebayuran. Hendry mengatakan saat ini belum ada perda yang mengatur soal cagar budaya.

(sti)

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *