Upaya Pemda Kota Depok Bikin Usaha Mikro Naik Level

  • Share
Upaya Pemda Kota Depok Bikin Usaha Mikro Naik Level
Ilustrasi usaha mikro. (Gambar: searchengineland.com)

KOTA DEPOK – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok berkomitmen ada pelaku usaha mikro yang naik level menjadi usaha kecil setiap tahunnya. Salah satu upaya mewujudkan itu, dengan mengakomodir mereka dalam berbagai pameran produk, baik di Kota Depok maupun di daerah lainnya.

“Definisinya sederhana, omzet usaha mikro di bawah Rp 300 juta per tahun. Sedangkan usaha kecil, dari Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar per tahun,” kata Kepala DKUM Depok, Mohammad Fitriawan, di sela Depok Expo 2019 di Depok Mall, belum lama ini.

Dikatakannya, guna mewujudkan itu upaya yang dilakukannya dengan menggelar bazar UMKM dalam event-event yang besar. Misalkan saat HUT Kota Depok, Peringatan Maulid Nabi, atau menjelang Hari Raya Idulfitri.

Selain itu, DKUM juga mengakomodir pelaku usaha dengan mengajak mereka mengikuti pameran di luar Kota Depok. Seperti dalam event tahunan, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang diselenggarakan di Semarang dan Tarakan beberapa waktu yang lalu.

“Targetnya selain mengenalkan produk mereka, meningkatkan penjualan, juga memperluas pangsa pasar, sehingga masyarakat mengetahui produk-produk khas Depok,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida memberikan dukungan dan apresiasi terhadap ragam pembinaan yang diinisiasi DKUM Depok. Dia menilai, dengan adanya pameran, jaringan atau koneksi para pelaku usaha terus bertambah.

“Selain itu, produk juga harus dikemas dengan menarik, sehingga lebih percaya diri untuk dijajakan. Jadi semua saling terkait, antara pembinaan, pameran, dan peningkatan kualitas produk. Mudah-mudahan dengan seperti itu usaha bisa cepat berkembang,” tutupnya.

(eug)
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *