Anggaran dan Pelayanan Jamkesda Tahun 2020 Meningkat

  • Share
Ilustrasi Jamkesda
Ilustrasi ruang pelayanan Jamkesda. (Urbanjabar.com)

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Pusat – Dinkes Kabupaten Bekasi memastikan pelayanan Jamkesda di tahun 2020 meningkat. Hal itu dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Wawan Hernawan kepada urbanjabar.com di ruang kerjanya, Selasa, 3 Desember 2019.

Menurut dia, dari segi penganggaran serta pelayanannya tahun depan terus ditingkatkan. Dia juga memastikan bakal terus disosialisasikan pada setiap Puskesmas dan rapat minggon kecamatan, perihal jaminan kesehatan untuk masyarakat kurang mampu dan belum memiliki jaminan kesehatan.

“Kita sudah menyebarkan informasi jamkesda ini ke setiap puskesmas untuk menyebarkan pelayanan Jamkesda. Jamkesda itu prioritas 2020 menjamin masyarakat yang tidak mampu dari orang yang belum memiliki jaminan kesehatan,” kata Wawan.

Dari data yang diperoleh Cikarang Ekspres, anggaran Jamkesda Kabupaten Bekasi yang dialokasikan untuk tahun depan mencapai Rp15 miliar. Jumlah tersebut meningkat dibanding 2019 sebesar Rp11,5 miliar.

Sambung Wawan, meningkatnya anggaran Jamkesda sebagai bentuk perhatian Pemkab Bekasi kepada masyarakat di bidang kesehatan.

“Saya pun mengingatkan kepada seluruh jajaran Puskesmas maupun Bidang Yankes agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tuturnya.

Wawan pun mengimbau bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kesehatan seperti Jamkesda segera lengkapi administrasi kependudukannya.

“Yang datang mengurus administrasi sebagian besar adalah masyarakat tak mampu. Pada sisi lain sedang berduka karena ada keluarganya yang sakit. Jadi kalau kita layani dengan senyum dan ramah, setidaknya kita bisa menghibur mereka yang sedang berduka,” paparnya.

Begitu juga dengan pelayanan di RSUD dan rumah sakit swasta. Wawan meminta agar semua rumah sakit yang bekerja sama dengan Jamkesda tidak menolak pasien.

“Ketika pasien datang langsung mendapat penanganan pertama. Jika secara medis tidak bisa ditangani, pasien dirujuk ke rumah sakit lain yang peralatan medisnya lebih lengkap,” tandasnya.

(kui)
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *