Tak Kunjung Dapat Wakil, Bola Panas Ada di Bupati Eka

Eka Supria Atmaja
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja. (Foto: Humas Pemda Kab. Bekasi)
DEWAWEB

KABUPATEN BEKASI –¬†Hampir 6 bulan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja memimpin seorang diri. Hingga hari ini, terhitung sudah 175 hari Eka menjomlo.

Pengamat Politik dari Universitas Islam 45, Adi Susila, menjelaskan ‘bola’ kini ada di Eka Supria Atmaja. Semestinya partai pengusung mempertanyakan langsung kepada bupati, karena hanya tinggal satu langkah ke DPR.

Sebagai contoh, Golkar tidak mengubah SK dan tetap mengusung nama Akhmad Marjuki beserta Tuti Yasin. Hal ini disampaikan oleh fungsionaris Golkar Jawa Barat beberapa waktu lalu pada konferensi pers.

“Normatifnya itu haknya partai pengusung (untuk menentukan nama, Red). Kemudian entah dia mau pakai sistem kaya apa, yang penting nanti dia (Eka, Red) mengusulkan minimal 2 nama di DPRD,” ucapnya, Selasa, 3 Desember 2019.

“Saya gak tau di partai pengusung sudah clear ada keputusan atau belum,” tambahnya.

Lanjut Adi, secara substansi, Eka dapat memilih sendiri calon pendampingnya melalui lobi politik, karena nantinya mereka yang akan tandem dalam memimpin.

“Makanya prosedur apa yang kurang. Koalisi sudah oke (menetapkan nama, Red). Satu langkah berikutnya partai pengusung (menyerahkan SK, Red,” katanya.

“Tidak wajar (proses pemilihan cawabup selama ini, Ed). Mungkin ini PR bagi pembuat UU ke depan agar proses pengisian dibuat waktu yang tegas berapa hari,” demikian Adi.

Sebenarnya, Eka yang dilantik menjadi bupati pada 12 Juni sempat diberi tenggat waktu pada 24 Juli 2019 untuk menyerahkan nama calon berdasarkan SK partai pengusungnya.

Akan tetapi, Eka tak kunjung menyerahkannya, sehingga proses pemilihan calon wakil bupati Bekasi digarap DPRD masa bakti 2019-2024 yang dilantik pada 5 September 2019 dan baru menetapkan alat kelengkapan dewan (AKD) pada Oktober 2019.

Padahal SK keempat partai koalisi: Golkar, PAN, Nasdem, dan Hanura, sudah lengkap pada 20 Juli 2019.

(sti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here