Mantan Kades Karangasih Tersangka Penyalahgunaan APBDes

  • Share
Mantan Kades Karangasih Tersangka Penyalahgunaan APBDes
AM digelandang oleh staf Kejari Cikarang, Senin, 9 Desember 2019. (Foto: Urbanjabar.com)

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Pusat – Mantan kepala Desa Karangasih, Cikarang Utara, berinisial AM, resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Cikarang, Senin, 9 Desember 2019, bertepatan dengan momen Hari Antikorupsi.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Kabupaten Bekasi, Angga Dielayaksya, mengatakan pada 2016 tersangka masih menjabat sebagai kepala desa. Penyidik menganggap AM menyalahgunakan APBDes tahun itu.

Kucuran dana Rp 3 miliar untuk APBDes desa itu berasal dari 3 saluran: bantuan provinsi, alokasi dana desa (ADD), dan bantuan dari Pemda Kabupaten Bekasi.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melihat ada kerugian sebesar R p1 miliar lebih. Dari 2 alat bukti geledahan kantor AM pada 2016, Kejari akhirnya menetapkan AM sebagai tersangka.

Lihat juga: Prestasi kepala Desa Karangasih pengganti AM

“Adanya dua alat bukti, pada wkatu kita melakukan penggeledahaan kita juga meemukan beberapa kwitansi bodong dan stempel yang kita indentifikasikan bodong,” terang dia.

Angga menegaskan tak akan pandang bulu dalam kasus tindak pidana korupsi, meskipun seorang kades. Kejari masih akan mencari fakta lainnya, potensi penetapan tersangka baru masih dimungkinkan. Hal itu tergantung fakta persidangan nanti.

“Untuk saat ini AM, karena AM berperan lebih banyak dalam kasus ini. Tapi nanti arahnya apakah masih ada yang lain nanti di fakta persidangan seperti apa,” kata dia.

AM terancam Pasal 2 Ayat 1 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor.

(eug)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *