Alat Perekam Data Transaksi Terpasang di 568 Titik

Tapping Box
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mencoba tapping box di Hotel Santika, Cikarang Selatan, Selasa, 17 Desember 2019. (Foto: Humas Pemda Kab Bekasi)
DEWAWEB

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Selatan – Optimalisasi Pajak Daerah, Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi memasang Alat Perekam Data Transaksi Usaha. Untuk empat jenis pajak yakni, pajak parkir, pajak rumah makan (restoran), pajak hotel dan pajak hiburan dengan total 568 titik di Kabupaten Bekasi. Hal itu, dikatakan Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja pada kegiatan Sosialisai Pemasangan Alat Perekam Data Transaksi Usaha (tapping box). Acara berlangsung di Santika Hotel, Cikarang Selatan, Selasa, 17 Desember 2019.

Eka menyampaikan, bahwa pemasangan tapping box, sesuai dengan Peraturan Bupati Bekasi Nomor 58 Tahun 2019, tentang Pelaporan Data Transaksi Usaha Wajib Pajak Secara Online. Hal tersebut, merupakan upaya pemda dalam melakukan pendataan potensi pajak yang ada di Kabupaten Bekasi.

Sambungnya, pajak yang belum maksimal itu terutama adalah pajak dari hotel dan parkir. Karena telah menggunakan alat tapping box, maka akurasinya dapat dipertanggung jawabkan.

“Kita sedianya akan melakukannya secara masal. Pemasangan alat tapping box dilaksanakan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, dilakukan 200 alat yang akan di pasang. Selanjutnya, sebanyak 358 alat akan dipasang di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, Herman Hanafi mengatakan, pemasangan alat monitoring ini tidak membebani anggaran daerah. Karena mulai dari penyediaan, pemasangan, hingga pemeliharaan akan ditanggung oleh Bank Jabar Banten (BJB).

“Pemasangan tapping box ini sesuai dengan Supervisi Korsupgah KPK RI dalam rangka optimalisasi Pendapatan Daerah dari sektor pajak daerah. Agar dilaksanakan pemasangan alat tapping box untuk empat jenis pajak daerah self assessment yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi. Yaitu, pajak hotel, pajak restoran, pajak restoran, dan pajak hiburan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pengendalian dan Pembukuan, Bapenda Kabupaten Bekasi, Akam Muharam menerangkan, total hari ini ada 16 wajib pajak yang akan di pasang tapping box.

“Untuk restoran, sementara ini kita baru lakukan pemasangan yang sifatnya pribadi. Tidak ada spesifikasi atau perbedaan, kita harapkan semua dipasang,” tutupnya.

(eug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here