Ajudan Abal-abal Perdaya 18 Orang, Catut Nama Wawalkot Bekasi Tri Adhianto

Tri Adhianto
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. (Foto: Humas Pemda Kota Bekasi)
DEWAWEB

KOTA BEKASI, Bekasi Selatan – Kami menyebut pelaku sebagai ajudan abal-abal dengan alasan, ya dia memang abal-abal. Titik. Ini kasus penipuan bermodus rekrutmen tenaga kerja dengan teknik mencatut.

Pelaku, RWA, mengaku sebagai ajudan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto kepada para calon korbannya, dan ternyata itu cukup berhasil. Buktinya, 18 orang sudah tertipu.

RWA menawarkan pekerjaan sebagai pembersih (cleaning service) dan office boy di Pemkot Bekasi dengan gaji sebesar Rp 4,1 juta. Cukup menggiurkan.

Tapi, sebagaimana para penipu bermodus rekrutmen tenaga kerja, ia meminta biaya administrasi dengan besaran variatif mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Menurut salah satu korban, Muhammad Fauzan, 18 tahun, pelaku menjanjikan para korban bekerja mulai 23 Desember 2019. Tanggal itu sudah mundur dari janji sebelumnya: 16 Desember 2019.

Pada tanggal yang dijanjikan, para korban pun beranjak ke Kantor Wali Kota Bekasi, tepatnya bagian humas. Malam sebelumnya pelaku telah mengonfirmasi hal demikian.

Ternyata, saat para korban ke humas, tak seorang pun di sana mengetahui siapa RWA. Setelah itu, para korban membuat laporan ke Mapolsek Bekasi Utara.

Tri Adhianto pada 25 Desember 2019 secara tegas menampik tidak ada RWA pada jajaran stafnya. Ia meminta para pencari kerja berhati-hati, terlebih saat ada pungutan.

Politisi PDIP ini pun enggan melapor kepada polisi atas kasus itu lantaran korban sudah melaporkan kejadian itu.

(eug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here