Dinsos Jelaskan Soal Beasiswa Bidik Misi dan Program Lain

  • Share
Abdillah Majid
Kepala Dinsos Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid. (Foto: Urbanjabar.com)

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Pusat – Dinas Sosial Kabupaten Bekasi menjelaskan perihal program beasiswa Bidik Misi dan program lain. Hal itu langsung disampaikan Kepala Dinsos Abdilah Majid kepada urbanjabar.com.

Untuk Beasiswa Bidik Misi, Dinsos memberikan langsung kepada para mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu.

“Biasanya, keluarga mahasiswa atau mahasiswa itu sendiri yang mengurusnya. Dengan menunjukan kartu her-registrasi (kartu pembayaran) dari Universitas tempat mereka kuliah,” ungkapnya, Senin, 30 Desember 2019.

Mahasiswa yang mengajukan Beasiswa Bidik Misi. Bukan hanya dari perguruan tinggi negeri tetapi juga dari perguruan tinggi swasta.

Syarat untuk pengajuan beasiswa Bidik Misi adalah SKTM, KK, KTP, foto rumah dan Surat Kuliah dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan.

“Biasanya dengan disertakan transkrip Nilai semester satu,” katanya.

Sementara itu, Dinsos tidak mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), baik KIP untuk jenjang pendidikan dan menengah maupun untuk kuliah (perguruan tinggi).

“Kami hanya mengeluarkan data pendukung, seperti data penduduk masyarakat kurang mampu,” Kata Abdillah.

Lebih lanjut, Abdillah Majid menjelaskan bahwa KIP Kuliah yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi, dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan.

“Jadi seharusnya, mengurus KIP Kuliah ke Dinas Pendidikan,” tegasnya.

Sedangkan Dinsos memberikan bantuan pendidikan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) untuk keluarga prasejahtera yang memiliki anak usia sekolah dasar dan menengah.

 

(kui)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *