Cara Urus Dokumen Kependudukan yang Rusak Akibat Banjir

Mustika Grande
(Ilustrasi) Banjir di Mustika Grande, Setu, Rabu, 1 Januari 2020. (Foto: istimewa)

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Pusat – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi menyediakan layanan penggantian dokumen kependudukan yang rusak akibat banjir.

Kepala Disdukcapil Bekasi, Hudaya, menjelaskan untuk mendapatkan dokumen baru, warga mesti melampirkan keterangan dari ketua RT bahwa ia terkena banjir.

Kemudian, korban banjir dapat ke Posko Disdukcapil yang buka mulai hari ini. Posko terletak di Kompleks Pemda Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat.

“Untuk persyaratan juga bisa dikirim lewat nomor Whatsapp 081381914314,” ucap Hudaya, Senin, 6 Januari 2020. Ia memastikan layanan itu gratis.

Untuk mensosialisasikan posko ini, Hudaya mengaku sudah berkirim pesan kepada seluruh camat di Bekasi.

Hudaya
Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Hudaya. (Foto: Urbanjabar.com)

Tambahan Blangko KTP-el

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri untuk meminta blangko KTP-el.

“Kalau blangkonya diberikan kami akan ganti dengan KTP elektronik. Tapi kalau blangko tidak diberi, berarti kami ganti dengan suket (surat keterangan),” ungkapnya.

Soal jumlah blangko KTP elektronik yang diajukan, Hudaya belum bisa menjawab. Karena sampai saat ini belum diketahui jumlah kebutuhan blangko KTP-el untuk korban banjir.

“Nanti diajukan setelah koordinasi. Karena kami juga belum punya data berapa kebutuhan blangko untuk korban banjir. Mudah-mudahan ada kabar baik dari Ditjen Dukcapil,” ujarnya.

Seperti diketahui, banjir merendam 12 kecamatan di Kabupaten Bekasi beberapa hari yang lalu. Banjir tidak hanya menimbulkan kerugian materi, tapi juga banyak dokumen kependudukan warga yang terendam dan hanyut terbawa banjir.

Informasi untuk Kota Bekasi

Bagi pembaca yang berdomisili di Kota Bekasi dapat menghubungi layanan Disdukcapil Kota Bekasi lewat WA 0812.9000.4110 atau telepon 021.883.42792. Laman: disdukcapil.bekasikota.go.id/website/

(kui)

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *