Ratusan Bakal Calon Kades Jalani Ujian Tertulis di SMPN 1 Karawang Barat

Bakal Calon Kades Karawang
Para bakal calon kades tengah mengerjakan soal ujian di SMPN 1 Karawang Barat, Karawang, Selasa, 7 Januari 2020.
DEWAWEB

KABUPATEN KARAWANG, Karawang Barat – Sebanyak 180 bakal calon kepala desa (balon kades) mengikuti ujian tertulis di SMPN 1 Karawang Barat, Selasa, 7 Desember 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karawang, Ade Sudiana, mengatakan sebanyak 180 orang balon kades dari 45 desa di 22 Kecamatan di Kabupaten Karawang mengikuti ujian tertulis. Materi ujian terkait pemerintahan desa, dibuat oleh tim akademisi dari Universitas Buana Perjuangan.

“Hasil uji tertulis ini akan menjadi dasar bagi panitia Pilkades menentukan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa. Calon kades tidak boleh lebih dari lima orang dan minimal 2 orang. Hasil uji tertulis ini akan diumumkan tanggal 15 Januari 2020,” Kata Ade kepada urbanjabar.com, Selasa, 7 Januari 2020.

Lebih lanjut, dari 180 orang balon kades, 31 orang di antaranya petahana, dua orang diantaranya berprofesi aparatur sipil negara (ASN) dan satu orang lainnya berprofesi sebagai TNI.

“Sisanya datang dari tokoh masyarakat dan pengusaha. Sedangkan dari segi usia, tercatat yang termuda 26 tahun dan tertua 70 tahun,” ucapnya.

Menurut Ade, dari 45 desa yang menggelar Pilkades, beberapa desa di antaranya memiliki balon kades. Salah satunya Desa Warungbambu memiliki 11 balon kades, Desa Rengasdengklok Utara memiliki 9 balon kades.

Follow yuk Instagram @urbanjabar

“Anggaran yang disiapkan untuk pengamanan dan bantuan keuangan kepada pemerintahan desa dari Pemkab Karawang di Pilkades serentak 45 desa tahun 2020 ini mencapai Rp5,3 miliar, ” ujarnya.

Lanjut Ade, adapun tahapan Pilkades di tahun 2020 ini, yaitu tahap uji tulis yang digelar hari ini, 7 Januari 2020, sedangkan pengumuman bakal calon kades menjadi calon kades digelar tanggal 15 Januari 2020, dan terkahir Kampanye kades digelar 17 sampai 19 Februari 2020.

“Hari pelaksanaan pemungutan suara sendiri dan penghitungan suara dilakukan pada 23 Februari 2020,” katanya mengakhiri.

(kui)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here