Prediksi BMGK atas Cuaca Jabodetabek Hingga 15 Januari

Prediksi BMKG
Citra satelit Himawari pergerakan awan di Jabodetabek. (Foto: bmkg.or.id)
DEWAWEB

JAWA BARAT – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geografi (BMKG) merilis data potensi hujan yang terjadi pada periode 8-15 Januari 2020. Hujan dengan intensitas lebat dan sedang berpotensi terjadi pada kurun waktu itu.

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, aktivitas monsun Asia masih signifikan. Gelombang atmosger (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia. (analisis lengkap BMKG)

Berdasarkan analisis itu, prakiraan BMKG atas cuaca di Jabodetabek sebagai berikut:

Tanggal 9-10 Januari 2020

Potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang dan kilat / petir (thunderstorm) dapat terjadi mulai dini hari menjelang pagi hari terutama di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, sebagian Depok dan Bogor. Intensitas hujan dapat menurun pada pagi menjelang siang hari, dan berpeluang kembali meningkat pada sore menjelang malam.

Tanggal 11-12 Januari 2020

Secara umum, kondisi hujan di wilayah Jabodetabek relatif berkurang dibandingkan dengan periode tanggal sebelumnya. Hujan dengan intensitas ringan-sedang masih dapat terjadi terutama di wilayah Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, dan Tangerang.

Kondisi Pasang Naik Air Laut

Pasang naik maksimum di Teluk Jakarta dapat terjadi pada periode tanggal 9-12 Januari 2020 dengan ketinggian maksimum 0,6 meter, kondisi ini berpotensi menghambat laju aliran air sungai masuk ke laut di Teluk Jakarta.

Imbauan

Atas kondisi itu, masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati atas dampak yang ditimbulkan seperti angin kencang, banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, dan lainnya.

Kontak penting

  • Ambulans (118 atau 119)
  • Pemadam Kebakaran (113)
  • Polisi (110)
  • Badan SAR Nasional (115)
  • Posko Bencana Alam (129)
  • PLN (123)
  • Bantuan Khusus Banjir (021 345944)
  • Pusdalops BNPB (08121237575)

 

 

(eug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here