DPMD Buka Ruangan Khusus Siskeudes

Maman Firmansyah
Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Bekasi, Maman Firmansyah. (Foto: Urbanjabar.com)
DEWAWEB

KABUPATEN BEKASI, Cikarang PusatDinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi sudah membuka ruangan sistem keuangan desa (siskeudes). Ruangan tersebut berfungsi untuk konsultasi terkait aplikasi nontunai di desa-desa di Kabupaten Bekasi.

“Tahap ke tiga ini mereka sudah mulai nih, kita juga sudah ada ruangan sedang diakses untuk temen-teman dari desa konsultasi. Terus misalnya sistem kelihatan nanti kita sekaligus pelatihan bahkan kalau mereka sudah menerapkan di desa itu nanti kita akan datengin ke kecamatan,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Kabupaten Bekai Maman Firmansyah, saat ditemui urbanjabar.com di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Aplkasi siskeudes kerjasama antara DPMD Kabupaten Bekasi dan Bank Jabar Banten (BJB). Tujannya untuk memudahkan proses pembayaran. Baik pembayaran gaji stap desa maupun pembayaran kerjasama dengan yang lain-lainnya.

“Sebetulnya aplikasi seskeudes dari dulu sudah ada cuma memang belum di desanya,” kata Maman.

Maman menjelaskan, belum serentaknya penggunaan aplikasi siskeudes disebabkan faktor teknis dan Sumaber Daya Manusia (SDM).

“Pentingnya bagi mereka (tim keuangan desa) untuk belajar, karena mereka memegang ratusan juta bakan sampai miliaran rupiah uang desa agar tidak ada kebocoran dan pengeluaranya bisa dipertanggungjawabankan,” pungkasnya.

(sti)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here