Polisi dan TNI Pastikan Peringatan Imlek di Kelenteng Ngo Kok Ong Aman

  • Share
Kelenteng Ngo Kok Ong
Polisi memeriksa bagian dalam Kelenteng Ngo Kok Ong, Cibarusah, Kamis, 23 Januari 2020. (Foto: istimewa)

KABUPATEN BEKASI, Cibarusah – Aparat kepolisian bersama TNI mengunjungi Kelenteng Ngo Kok Ong di Jalan Raya Loji, Desa Cibarusahkota, Cibarusah, Kamis, 23 Januari 2020. Mereka memastikan perayaan Imlek di kecamatan yang berbatasan langsung dengan Jonggol itu kondusif.

Kepala Polsek Cibarusah, AKP Sukarman, mengatakan Kelenteng Ngo Kok Ong sudah berdiri sejak ratusan tahun di sekitar lingkungan mayoritas muslim. Meski demikian, toleransi antarumat beragama tetap terjaga.

“Kami Polsek Cibarusah dan Koramil Cibarusah tetap bersinergi dalam melakukan pengamanan Tahun Baru Imlek di sini. Tidak hanya saat sembahyang, tapi juga saat atraksi barongsai,” ucapnya.

Ada berita menarik di IG Urbanjabar, follow yuk

Ia menerapkan sistem 3 lingkar pengamanan. Lingkar pertama sterilisasi, lingkar kedua bersifat preventif pada kegiatan ibadah, dan lingkar ketiga adalah patroli di lingkungan setempat.

Intip juga informasi lowongan kerja di #loker

Sementara itu, Danramil Cibarusah Kapten Czi. Sunu Wardoyo mengatakan akan menerjukan prajurit sejak awal hingga pelaksanaan ibadah saat Imlek berlangsung malam ini.

“Kami meminta seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan antarumat beragama, khususnya di wilayah Cibarusah,” katanya.

Sejarah Singkat

Menurut tulisan Agah Handoko di Kompasiana, Kelenteng Ngo Kok Ong berdiri pada 1673. Keleteng ini merupakan salah satu yang tertua di samping Kelenteng Tek Seng Bio di Karangasih, Cikarang Utara.

Jarak kelenteng ini tak jauh dari Masjid Al Muhajidin yang berdiri 43 tahun lebih awal. Tiap Imlek, kelenteng ini ramai dikunjungi warga Tionghoa.

Warga setempat juga disebut juga kerap berkunjung untuk melihat atraksi atau hiburan yang disajikan oleh pengurus kelenteng.

(eug)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *