Dinsos Serahkan Sertifikat Akreditasi kepada 20 LKSA

  • Share
Dinsos Serahkan Sertifikat Akreditasi kepada 20 LKSA
Kepala Dinsos Kabupaten Bekasi Abdilah Majid menyerahkan sertifikat akreditasi kepada 20 LKSA di ruang rapat bupati, Selasa, 28 Januari 2020. (Foto: Urbanjabar.com)

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Pusat – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bekasi menyerahkan sertifikat akreditasi dari Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) atau (LKSA) di ruang rapat bupati, Selasa, 28 Januari 2020.

Kepala Dinsos Kabupaten Bekasi, Abdilah Majid, dengan lugas mengatakan, 4 Panti, 11 LKSA, 4 Yayasan dan 1 Rumah Perlindungan Sosial mendaptakan sertifikat akreditasi dari Kemensos.

Seperti Panti Sosial Asuhan Anak Al-Inayah, Panti Sosial Asuhan Anak Tarbiyatul Mubdati’in, Panti Sosial At-Tin, Panti Asuhan Ash-Shofiani Ahmadi, LKSA Umar bin Khattab, LKSA Darul Ihsan, LKSA At-Taqwa XXXI, LKSA Nurul Hidayah, LKSA Ibnu Ajhari, LKSK Al-Fath Jalen.

Informasi menarik lain di Instagram Urbanjabar.com, follow

Selanjutnya, Yayasan peduli yatim piatu dan dhuafa Al-Ikhlas, Yayasan Baetul Amaliyah Subullusalam, Yayasan Harapan Tarbawi Indonesia, Yayasan Binar Insan Istiqomah, LKSA Darrurohman, LKSA Darul Ajhjar, LKSA Al-Fudholah, LKSA Al-Mutahidin Daarul Manan dan LKSA Al-Lathifah.

Akreditasi sebagai wujud apresiasi dan legitimasi pemerintah terhadap LKS, karena peran dan kontribusinya yang sangat besar untuk keberhasilan penyelenggaraan kesejahteraan Sosial Indonesia.

“Akreditasi dilakukan terhadap lembaga dibidang kesejahteraan sosial. Akreditasi di laksanakan untuk menentukan tingkat kelayakan dan standarisasi penyelenggaraan kesejahteraan sosoal,” katanya.

Berita seputar Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, klik #dinsos

Pada dasarnya sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, maka semua lembaga di bidang kesejahteraan sosial baik milik pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat yang menyelenggarakan pelayanan kesejahteraan sosial langsung, perlu dilakukan akreditasi.

Lebih lanjut Abdilah Majid menjelaskan, untuk mendapatkan sertifikat akreditasi, LKSA tersebut memenuhi syarat. harus berbadan hukum, terdaftar di Kementrian/Intansi Sosial dan melakukan pelayanan kesejahteraan sosial langsung.

“Lembaga yang sudah memenuhi ketentuan administratif dan penilaian, maka yang bersangkutan akan memperoleh bukti berupa sertifikat akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Sosial,” pungkasnya.

(kui)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *