Tiga Petinggi Sunda Empire Ditangkap

Petinggi Sunda Empire
Kedua tersangka telah dihadirkan terlebih dahulu sewaktu konferensi pers di Mapolda Jabar, Selasa, 28 Januari 2020, sore. (Foto: Istimewa)
DEWAWEB

KOTA BANDUNG –¬†Polda Jawa Barat menetapkan tiga petinggi Sunda Empire sebagai tersangka, Selasa, 28 Januari 2020. Ketiga tersangka telah ditangkap dan diperiksa penyidik Polda Jabar.

Ketiga orang tersebut adalah Nasri Bank, Ratnaningrum, dan KAR atau yang dikenal dengan nama Rangga dengan pangkat letnan jenderal. Ia sempat tampil menjelaskan panjang lebar mengenai Sunda Empire di Indonesia Lawyers Club di TvOne.

Polisi menghadirkan Nasri dan Ratna terlebih dahulu pada Selasa sore. Rangga saat itu masih dalam perjalanan dari Tambun, Kabupaten Bekasi. Ia tiba di Mapolda Jabar pukul 19.00 lewat.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombespol Saptono Erlangga Waskitoroso, menjelaskan  laporan terkait Sunda Empire ini diadukan oleh Ari Mulia Subagja.

Follow instagram urbanjabar untuk informasi menarik lainnya, follow

“Muncul di media sosial. Melaporkan ke polisi dari laporan Bapa Ari ini. Bahwa terkait dengan Sunda Empire membuat berita bohong dengan sengaja menyebarkan berita bohong,” jelasnya.

Polisi memeriksa delapan orang ahli, tiga di antaranya saksi ahli: ahli sejarah, ahli pidana, dan ahli budaya.

“Penyidik melalukan proses penyelidikan, melalukan pemeriksaan saksi lalu diminta keterangan,” jelasnya.

Sunda Empire
Sunda Empire. (Foto: ayobandung.net)

Sementara itu, Direskrimum Polda Jabar Kombespol Hendra Satyanto menjelaskan sejauh ini motifnya bukan ekonomi. Dari keterangan delapan saksi yang diperiksa, menyebutkan bahwa kegiatan perkumpulan ini tidak mempunyai markas.

Menarik: Sunda Empire adalah Kehebohan dari Jawa Barat untuk Dunia

“Gal ada markasnya, mereka melakukan kegiatan di 2019 empat kali. Ada di gedung UPI, dan hotel di Bandung,” jelasnya.

Ketiga petinggi Sunda Empire ini, dijerat Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Penyebaran Berita Bohong dengan ancaman 10 tahun penjara.

(eug)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here