PUK dan Manajemen PT Kayaba Indonesia Kompak Gelar Donor Darah

PUK dan Manajemen PT Kayaba Indonesia Kompak Gelar Donor Darah
Pemberian penghargaan secara simbolis dari PMI kepada perusahaan. (Foto: Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Ratusan karyawan mengikuti donor darah yang digelar PT Kayaba Indonesia di area pabrik yang berlokasi di Kawasan MM 2100, Cikarang Barat, Selasa, 18 Februari 2020. Panitia menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Purwakarta dan Pimpinan Unit Kerja.

Direktur HRD PT Kayaba Indonesia, Subrono, mengatakan kegiatan ini sudah rutin digelar perusahaan sejak tahun 2003 silam. Pertama kali untuk memperingati May Day dan sejak dulu secara kepanitiaan HRD dan PUK telah bersinergi.

“Dari tahun ke tahun, seperti tongkat estafet dikendalikan HRD dan serikat pekerja, teman-teman pleno, kegiatan ini berkembang mulai dari internal saja sampai ke eksternal bisa ikut,” ucapnya.

Aksi kegiatan positif CSR juga ada pada kegiatan kain seperti kepengurusan DKM di masjid yang turut memengaruhi karyawan lain atau Kayaba Motor Club (KMC) dalam kegiatan sosial seperti memberikan santunan kepada masyarakat yang membutuhkan.

PUK dan Manajemen PT Kayaba Indonesia Kompak Gelar Donor Darah 2
Karyawan yang mendonorkan darahnya. (Foto: Urbanjabar.com)

“Target 600 kantong darah. Tiap tahun kita 3 kali rutin kita lakukan. Alhamdulillah hubungan industrial harmonis antara perusahaan dan serikat pekerja dan ini butuh proses yang panjang tidak semudah membalikkan telapak tangan,” ucapnya.

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi terus terlaksana dan sinergi antara perusahaan dan serikat pekerja dapat terus terjaga.

Ketua PUK SPAMK PT Kayaba Indonesia, Heny Agustianto, membenarkan hubungan industrial terjalin dengan baik. Konsistensi kegiatan itu menjadi salah satunya

“Kita bukan tidak ada masalah, tapi selalu selesai dengan baik dengan komunikasi terus-menerus. Ini kegiatan sudah lama sekali. Mudah-mudahan ke depan selalu baik-baik saja,” ucap Heny.

Antusias peserta ia lihat sangat baik. Tak henti-hentinya pekerja berdatangan ke ruang donor untuk mendonorkan darah mereka. Pihak PMI Purwakarta menyediakan lebih dari 8 kasur lipat sehingga pekerja yang mendonor tak perlu mengantre.

Para panitia terdiri atas HRD, Serikat Pekerja, pleno, dan pekerja tiap-tiap line yang ada pada perusahaan pemroduksi shock absorber itu.

“Kita selalu koordinasi ke manajemen dalam melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Kita PUK modern, jadi bukan kalah-menang, melainkan sama-sama sinergi,” katanya.

Lanjut Heny perusahaan dengan 2.300-an pekerja ini pernah meraih ‘The Best Dialogue’ dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) lantaran membina hubungan industrial baik dan juga penghargaan lain mengenai CSR di Jawa Barat.

Perwakilan PMI Purwakarta, dr. Fattah, mengaku berterima kasih kepada PT Kayaba Indonesia lantaran rutin menggandeng dalam setiap kegiatan donor darah sejak tahun ke tahun.

(sti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here