Kecamatan Cibarusah Siapkan Tiga Inovasi

  • Share
Kecamatan Cibarusah
Kegiatan di ruang rapat bupati Bekasi, Rabu, 19 Februari 2020. (Foto: Urbanjabar.com)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Kecamatan Cibarusah akan segera membuat tiga inovasi kecamatan. Hal tersebut di katakan Camat Cibarusah Muhamad Kurnaefi usai acara Tahap Delivery Laboratorium Inovasi Kabupaten Bekasi Penandatanganan Pakta Komite Pelaksanaan Inovasi Oleh Perangkat Daerah Se-Kabupaten Bekasi di Ruang Rapat Bupati, Kantor Bupati, Cikarang Pusat, Rabu, 19 Februari 2020.

“Ada tiga yang direncanakan untuk jadi inovasi.Ppertama, kita ingin taman di sepanjang jalan utama dari pasar sampai cibarusah kota. Kedua, kita dengan Wisata Cipalahlar,” katanya saat ditemui urbanjabar.com.

Selanjutnya, Kecamatan Cibarusah berkolaborasi dengan Karang Taruna untuk membatu atau membangun rumah yang tidak layak huni.

3 Potensi Destinasi Wisata di Cibarusah 1
Camat Cibarusah, MUhammad Kurnaefi, memimpin rapat minggon, Rabu, 12 Februari 2020. (Foto: Urbanjabar.com)

“Jadi kalau dari kabupaten ada rutilahu atau Baznas. Kali ini kita berkolaborasi dengan Karang Taruna. Itu sudah kita laksanakan dan tahun ini baru satu yaitu rumah atas nama Feri, kebetulan dia bekerja di kecamatan sebagai office boy,” paparnya.

Menurut Kurnaefi, inovasi kecamatan menjadi salah satu prioritasnya dan itu sudah masuk dalam anggaran musrenbang. Kalau untuk Cipalahlar kemungkinan bantuannya dari provinsi dan dari kabupaten.

Instagram Urbanjabar siap di-follow

“Intinya yang di bawah harus bersinergi antar desa, agar wacana provinsi memberikan bantuan untuk membangun desa wisata terealisasi,” terangnya.

Sebelumnya, salah satu Inovasi Kecamatan yang akan dibuat Kurnaefi terkalit pelayananan publik. Akan tetapi, sudah diterapkan oleh camat sebelumnya.

“Untuk pelayanan publik sudah ada dan tinggal melanjutkan. Meski bukan salah satu inovasi saya, pelayanan itu harus tetap diutamakan, karena pada prinsipnya pemerintahan ini memberikan pelayanan pada masyarakat,” katanya.

Ingin DPMD Dorong Desa Berinovasi

Selain itu, Kurnaefi juga meminta kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) meminta surat dari kabupaten untuk mempertegas agar desa-desa membuat inovasi.

“Secara resmi belum, tapi desa-desa juga sudah mempunyai ide-ide terkait inovasi-inovasi itu seperti Desa Sinarjadi yang ingin ada tempat wisatanya”, ujarnya.

Kemudian di Desa Ridogalih dan Ridomananah sudah terdapat jaringan PDAM, akan tetapi belum sampai ke rumah-rumah karena masyarakat setempat masih keberatan. Jadi, saya ingin di buatkan torn-torn besar di sampiang jalan utama, nanti masyarakat tinggal ke situ.

“Nanti bisa di kelola oleh BUMDes, bisa kerjasama dengan PDAM. Jadi saya dorong desa untuk berinovasi dan berbisnis,” demikian Kurnaefi.

(kui)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *