PC SPEE FSPMI Tunggu Iktikad Baik PT KMK Plastics

PC SPEE FPSMI Tunggu Iktikad Baik PT KMK Plastics
Massa buruh berdemonstrasi di PT KMK Plastics, Rabu, 19 Februari 2020. (Foto: Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Pojokbekasi.com – Massa aksi pada unjuk rasa yang berlangsung Rabu, 19 Februari 2020, datang lebih banyak dibandingkan massa aksi sebelumnya di tempat yang sama, PT KMK Plastics Indonesia, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang Utara.

Ketua PC SPEE FSPMI Bekasi, Abdul Bais, menjelaskan, aksi akan terus berlanjut dari pekan ke pekan dengan jumlah massa yang akan terus bertambah.

“Selama belum ada penyelesaian, aksi akan tetap bergulir. Yang jelas massa akan bertambah banyak,” kata Bais kepada wartawan di lokasi.

Aksi yang terus-terusan itu, kata Bais, agar perusahaan yang ia nilai bersikeras itu, ada upaya diskusi untuk menyelesaikan permasalahan.

“Ini iktikad baik kita. Kita tunggu iktikad baik perusahaan. Kita punya keyakinan perusahaan mau negosiasi untuk penyelesaian baik-baik,” kata Bais.

Namun, ia melanjutkan, apabila perusahaan tetap pada pendiriannya. Ia akan menempuh jalur pidana ke Polda Metro Jaya, dan jalur Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

“Kita akan proses pidanannya pada waktu tertentu. Apabila saatnya, kita laporan ke polda,” kata dia.

Pada aksi hari ini, ia meminta para anggota PUK PT KMK yang tersisa terus bekerja seperti biasa. Massa yang berunjuk rasa juga diminta menjaga situasi tetap kondusif.

Sementara itu, Ketua PUK PT KMK Plastics Indonesia, Rohaedi, setelah aksi pertama pekan kemarin, tidak ada perundingan dengan manajemen perusahaan.

“Kita sudah kuasakan penuh hal ini kepada PC SPEE. Jadi perundingan mereka yang mewakilkan kita. Aksi terus berlanjut sampai ada negosiasi kembali,” katanya.

Jalur litigasi dan nonlitigasi bakal ditempuh. Ia yakin perusahaan itu mem-PHK ia dan 18 karyawan lain tanpa dasar hukum yang kuat.

“Kami ingin dipekerjakan kembali, upah 6 bulan dibayarkan, karyawan kontrak dijadikan PKWTT, dan BP Jamsostek kembali diaktifkan,” demikiannya.

Di lokasi, puluhan polisi diterjunkan. Jumlahnya lebih banyak dibandingkan aksi pertama.

(sti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here