Longsor Ancam Warga Tambun Utara

Longsor Mengancam Warga Tambun Utara
Lokasi yang telah mengalami longsor di tepian Sungai Bekasi, Jumat, 20 Februari 2020. (Foto: Koramil Tambun)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Sebanyak tiga rumah mengalami longsor dan tujuh lainnya rawan terbawa arus Sungai Bekasi, Sabtu, 21 Februari 2020.

Menurut laporan kontributor urbanjabar di Kampung Turi, Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, hal itu disebabkan permukaan air Sungai Bekasi meningkat setelah hujan deras melanda beberapa hari belakangan. Arus deras pun juga menjadi penyebab lain pengikisan tanah terjadi di bantaran sungai itu.

Warga bersama aparat bersama-sama menolong penghuni rumah yang rawan terkena longsor tersebut untuk memindahkan barang ke tempat yang aman pada Jumat, 20 Februari 2020, sore.

Follow Instagram Urbanjabar.com (follow

Pos koordinasi longsor pun telah didirikan sebagai upaya antisipasi atas bencana susulan. Aparat mengimbau agar masyarakat mengantisipasi terjadinya bencana susulan. Saat ini, posko diisi oleh korban longsor dan warga yang rumahnya rawan.

Peristiwa seperti ini sering terjadi ketika ketinggian Sungai Bekasi naik. Ketika tinggi air menurun otomatis membuat tanah terkisis. Arus deras juga membuat hal itu semakin memungkinkan terjadi.

Warga berharap ada bantuan dari pemerintah setempat mengenai tempat tinggal sementara. Kejadian ini melanda rumah di RT 005 RW 04, dan RT 001 RW 05.

Kronologi

Jumat, 20 Februari 2020

12.00: Ketinggian air meningkat
14.50-15.30: Beberapa bagian rumah terbawa arus kali yang mulai deras
16.00: Evakuasi dan situasi kondusif pada 17.00

(sti)

Data: Koramil Tambun

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *