PMI Kabupaten Bekasi Layani Permintaan Semprot Disinfektan

PMI Kabupaten Bekasi
Petugas PMI tengah menyemprot area taman di Mapolres Metro Bekasi, Cikarang Utara, Sabtu, 16 Maret 2020. (Foto: istimewa)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten BekasiPotensi penularan virus korona atau covid-19 rentan terjadi di ruang publik di mana banyak orang beraktivitas di sana.

Virus korona yang berasal dari Wuhan, Cina, itu dapat bertahan pada suatu objek selama tiga hari. Sehingga, individu yang menyentuh objek itu, apabila menyentuh muka, maka kemungkinan besar terpapar.

Untuk meminimalisasi kemungkinan itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi melayani penyemprotan disinfektan di ruang publik bagi masyarakat sesuai prosedur yang berlaku.

Kepala Markas PMI Kabupaten Bekasi, Ucu Suryajingga, menjelaskan bagi pemohon semprot disinfektan dapat mengajukan surat permohonan kepada PMI Kabupaten Bekasi.

“Hanya tinggal bikin surat permohonan, nanti kita follow up,” kata Ucu beberapa waktu lalu.

Markas PMI Kabupaten Bekasi terletak di Jalan Raya Teuku Umar, nomor 49, Cibitung. Lokasinya berdekatan dengan Pasar Induk Cibitung.

PMI telah melayani penyemprotan di beberapa ruang publik seperti Mapolres Metro Bekasi pada Sabtu (14/3/2020) lalu.

“Kita ada permintaan di Polsek Serang Baru. Kita lembaga sosial, yang jelas keterkaitan dengan area publik kita akan layani selama alatnya meng-cover,” ucap dia.

Permintaan lain berasal dari rumah ibadah di bilangan Lippo Cikarang dan sekolah tinggi di Babelan.

“Ini (disinfektan) cairannya khusus. Kita pakai virkon. Berbeda dengan fogging, kalau ini cairan langsung, bukan pengasapan disebutnya. Tetapi pengabutan,” kata dia.

Penyemprotan disinfektan ini, ucap Ucu, telah berlangsung sejak Januari setelah bencana banjir mereda.

“Kita lakukan ini di Babelan, Tarumajaya, Tambun Selatan, Cibitung, rumah-rumah kena banjir. Pertama kita pembersihan dengan air pakai mobil tangki, bersih-bersih antisipasi pakai ini (disinfektan),” kata dia.

(eug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here