Persatuan Pemuda Burangkeng Peduli Lingkungan Tolak Keras Mobil Sampah Luar Bekasi Masuk TPA

Perluasan TPA Burangkeng Tak Selesaikan Masalah Sampah
TPA Burangkeng. (istimewa)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Mobil-mobil pembuang sampah dari luar Kabupaten Bekasi diduga masih masuk ke wilayah Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Burangkeng.

Hal ini membuat resah masyarakat sekitar, terlebih disaat kondisi TPA Burangkeng sudah overload dan di tengah pandemi Covid-19, masuk sampah dari luar Kabupaten Bekasi.

Pewakilan Satgas Pencegahan Penularan COVID-19 Desa Burangkeng Fauzi menyampaikan, “Seharusnya ada satgas khusus COVID19 di internal UPTD TPA Burangkeng untuk melakukan pengecekan suhu para pekerja sampah, strerilisasi truk sampah, dan anjuran PSBB saat masuk ke area TPA Burangkeng.”

“Secara kasat mata saja para pekerja pengelola sampah banyak yang tidak menggunakan masker. Yang lebih memprihatinkan lagi, kampanye himbauan kesehatan untuk menghindari terjangkitnya Wabah Covid-19 pun tidak terpampang di sini.

Ketua Prabu-PL,  Carsa Hamdani menyanyangkan adanya sampah dari luar Kabupaten Bekasi masuk ke TPA Burangkeng .

“Ini sangat disayangkan ditengah pandemi masih ada sampah luar Kabupaten Bekasi yang masuk.  Ini kita mau tahu dari mana perizinan,  pengelola harus transparan,” ujarnya baru-baru ini.

Carsa juga menilai penanganan pencegahan  Covid-19 di area TPA Burangkeng masih sangat minim.

“Protokeler masih sangat minim. Tidak ada penyemprotan disinfektan dan lainnya. Ini akan kita bawa ke Dinas LH,” tegasnya.

Ketua Karang Taruna Desa Burangkeng,  Jalu, mengatakan masih ada mobil sampah luar Kabupaten Bekasi yang masuk ke TPA Burangkeng,  hal ini sangat membuat resah masyarakat.

“Kami menolak TPA Burangkeng dimasukin sampah luar Kabupaten Bekasi, sangat menyalahi aturan apalagi ditengah Pendemi wabah korona (covid-19). Kita tidak tahu sampah yang di buang di TPA Burangkeng terkontaminasi oleh penderita Virus Corona atau tidak.  Memang ada sampah dari Cileungsi itu masuk ke TPA,” tegasnya.

(sti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here