Belum Gelar Musdes Khusus,  Pemdes Gandasari Hati-Hati Dalam Penetapan Penerima BLT Dana Desa

  • Share

KABUPATEN BEKASI-Pemerintah Desa (Pemdes)  Gandasari,  Kecamatan Cikarang Barat mengaku berhati-hati dalam penetapan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT)  dana desa bersumber APBN.  Hal ini dilakukan agar BLT tersebut tepat sasaran.

Hingga kini,  Pemdes Gandasari belum menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Khusus Penetapan BLT.  Kepala Desa Gandasari,  Midik Frabowo mengatakan ia memilih lambat menggelar Musdes Khusus ketimbang salah dalam pendataan.

“Jadi kita tidak menerima mentah-mentah data dari RT/RW. Data yang masuk kita kroscek kembali bersama tim gugus tugas Desa Gandasari. Kalau memang laik kita input,  kalau memang tidak laik diganti dengan lebih laik,”kata Midik kepada awak media.

Pemdes Gandasari menargetkan data penerima BLT akan rampung pada hari Minggu mendatang,  dan Musdes Khusus dapat digelar Senin (4/5), “Saat ini tim masih bekerja,  kroscek data. Hari libur pun petugas masih bekerja,”ujarnya.

Dari presentase,  dikatakan Midik penerima BLT Dana Desa Gandasari sebanyak 151 Kepala Keluarga. Penerima akan mendapatkan 600 ribu setiap bulannya selama tiga bulan.

“Semua dilakukan secara transparan.  Masyarakat bisa mengecek langsung, saya pun turun langsung mengecek warga yang memang terdampak langsung.  Penerima BLT dana desa pun tidak boleh tumpang tindih dengan peraturan lainnya,”ucapnya.

BLT Dana Desa harus diberikan warga yang benar-benar kesulitan ekonomi selama pandemi Covid-19 ini, “Bantuan diberikan kepada warga yang benar-benar kesulitan, yang kelaparan. Semua harus gotong royong,”tuturnya.

Midik mengakui dengan dana segitu tidak akan cukup menutupi semua kebutuhan masyarakat,  namun diharapkan dapat meringankan sedikit beban masyarakat.

“600 ribu dibagi 30 hari,  berarti sehari warga itu menerima 20 ribu, uang segitu memang tidak akan cukup kalau satu kk itu bisa 3-4 orang, namun setidaknya meringankan sedikit beban,  sehingga warga tidak kelaparan,”katanya.(red) 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *