HRD PT SMJ Angkat Bicara soal PHK 88 Pekerja

  • Share
HRD
HRD PT Sebastian Jaya Metal, Heti. (Foto: Urbanjaba.com)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – PT Sebastian Jaya Metal (PT SJM) mem-PHK karyawan sebanyak 88 orang.

Manager Human Resources Departemen (HRD) PT SJM, Heri, menjelaskan perusahaan dalam mem-PHK tidak melihat dari serikat mana buruh berasal.

“Tidak hanya teman-teman PUK, karena di situ ada serikat internal, dan netral. Kami tidak melihat serikat apa pun di situ,” ucapnya setelah rapat koordinasi di Mapolres Metro Bekasi, Selasa (12/5/2020).

Kata dia, kemampuan perusahaan sudah tidak mampu lagi membayar gaji karyawan yang kapasitasnya berlebih lantaran purchase order (PO) menurun drastis.

“Kemapuan itu yang tidak bisa kita membayar terus. PHK adalah pilihan terakhir setelah upaya-upaya lain kita lakukan, sudah banyak sekali,” ujar dia.

Dia melanjutkan, pada perundingan terakhir, para buruh sepakat melanjutkan mediasi, tetapi kenyataannya berbeda sehingga PT SJM mempertanyakan.

Lihat: Keterangan FSPMI mengenai hasil rapat koordinasi di Polres Metro Bekasi

“Saya mengajak ayo kita ke jalur hukum gitu lo. Kan nanti ada pihak yang punya wewenang memutuskan ‘Oh perusahaan salah. Oh buruh.’ Cuma karena dipaksa dalam kondisi kita harus bipartit lagi, bipartit lagi,” kata dia.

Dari 88 buruh yang di-PHK, kata dia, 29 di antaranya sudah menerima dan itu terdiri dari beragam serikat, termasuk PUK SP AMK FSPMI PT SJM.

“Kami punya niat baik, bagaimana perusahaan menyelesaikan dengan baik. Kalau dari kami, karena UU sudah menyediakan wadah untuk menyelesaikan perselisihan hubungan industrial, seharusnya kita hormati. Mediasi di tripartit di Dinas Ketenagakerjaan. Kalaupun nanti di PHK dan sebagainya. Mohon dihormatilah,” sambungnya.

Soal kabar masih ada pekerjaan berjalan di perusahaan yang berkantor pusat di Kawasan Industri Jababeka tersebut, dia membenarkan.

“Berjalan, hanya engineering sedikit sekali. Itu project lama kalau tapi kalau diperhatikan produksi part-nya itu sudah lama sekali gak jalan,” kata dia.

Kata dia, eningeering itu membuat cetakan dan kapasitasnya kecil dan merupakan proyek lama.

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *