PMI Bekasi Krisis Darah, Anggota DPR-RI Ajak Masyarakat Donorkan Darahnya

Obon Tabroni
Anggota DPR RI Obon Tabroni mendonorkan darahnya, Sabtu, 30 Mei 2020. (Foto: Urbanjabar.com)
DEWAWEB

CIKARANG-Anggota Komisi IX DPR-RI dari Partai Gerindra,  Obon Tabroni melakukan donor darah bersama ratusan pekerja di Omah Buruh,  Kawasan Ejip, Cikarang Selatan, Sabtu (30/5). Kegiatan ini diadakan melalui kerjasama antara Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesi (FSPMI)  dan organisasi sayap partai Satuan Indonesia Raya (Satria)  Kabupaten Bekasi.

“Stok darah di PMI Kabupaten Bekasi selama pandemi ini sangat berkurang banyak,  pertama masyarakat takut donor darah selama bulan puasa,  karena takut membatalkan puasa,  padahal MUI sudah mengeluarkan donor darah dibulan puasa tidak membatalkan puasa.”kata Obon kepada awak media.

Oleh karena itu, Anggota DPR-RI dari daerah pemilihan Kabupaten Bekasi,  Karawang dan Purwakarta ini mengajak semua elemen masyarakat untuk melakukan donor darah.

“Donor darah kali ini bersama teman-teman buruh, Satria dan anggota partai. Target hari ini terkumpul 200 kantong darah. Kita bergerak membantu sesama, khususnya masyarakat yang kekurangan darah,”ujar Obon.

Obon meminta semua masyarakat dapat menggalangkan donor darah, ia mengatakan donor darah selama pandemi aman asalkan menerapkan protokol kesehatan.

“Tadi yang mau donor darah juga dicek suhu dan diwajibkan cuci tangan serta jaga jarak.  Protokol kesehatan harus tetap dijalankan ketika menggelar donor darah,”tuturnya.

Wakil Ketua PMI Kabupaten Bekasi, Ahmad Kosasih jumlah pendonor darah selama masa pandemi terjadi penurunan, oleh karena itu ia menghimbau masyarakat untuk melakukan donor darah.

Informasi yang dihimpun,  selama pandemi PMI Kabupaten Bekasi hanya mampu mengumpulkan 2.500 kantong darah perbulannya dari yang biasa mampu 6 ribu kantong darah.

“Selama pandemi ini kita juga kekurangan fasilitas Alat Pelindung Diri (APD)  untuk para petugas dan melakukan penyemprotan disinfektan,”ujar dia.(kuy) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here