Menkumham Yasonna Sebut Partai Gelora Patut Diperhitungkan di Pemilu 2024

  • Share
Menkumham Yasonna Sebut Partai Gelora Patut Diperhitungkan di Pemilu 2024
Foto : Sambutan Menkumham Yasonna (Sekretaris Bidang Jaringan DPN Gelora)

Urbanjabar.com – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly hari ini secara resmi menyerahkan Surat Keputusan Menkumham (SK Menkumham) tentang Badan Hukum Partai Gelora Indonesia.

Acara penyerahan SK digelar secara virtual pada Selasa (2/6/2020) dan disaksikan seluruh DPW dan DPD se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Yasonna mengatakan Partai Gelora sudah memenuhi ktentuan badan hukum sebagai partai politik di Indonesia.

“Kementerian Hukum dan HAM telah melakukan proses verifikasi administrasi aplikasi vaktual secara virtual melalui aplikasi zoom dengan perwakilan Partai Gelora selama 45 hari sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” ucap Yasonna.

“Dan berdasarkan verifikasi administrasi faktual tersebut Partai Gelora Indonesia memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan sehingga dapat dinyatakan sebagai badan hukum partai politik,” ucapnya.

Menurut Yasonna, dirinya telah mengamati Partai Gelora sejak deklarasi 10 November 2019. Ia melihat adanya militansi yang ditunjukkan kader partai, terutama para Dewan Pimpinan Nasional (DPN).

Hal itu dikarenakan, Yasonna kenal betul para elite Partai Gelora, seperti Anis Matta (Ketum Partai), Fahri Hamzah (Waketum), hingga Mahfuz Sidik (Sekjen Gelora).

Yasonna pun berkeyakinan jika nanti partai Gelora akan menjadi salah satu partai politik di parlemen untuk menyuarakan aspirasi rakyat.

“Saya berharap Partai Gelora akan menjadi bagian dari partai politik di parlemen nantinya untuk memperjuangkan kepemimpinan bangsa, aspirasi masyarakat. Dan saya percaya pada pesta demokrasi tahun 2024 akan menjadi contender (pesaing) yang perlu diperhitungkan oleh partai lain,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Selain itu, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengucapkan terimakasih kepada Menkumham Yasonna Laoly dan seluruh jajarannya yang telah bekerja dalam melakukan verifikasi pengajuan badan hukum partai meskipun dalam pandemi Covid-19.

Anis Matta melihat ada tanda baik sejak didirikan partai Gelora. Hingga partai ini memperoleh kabar bahwa telah resmi berbadan hukum pada 26 Ramadhan lalu atau bertepatan pada Selasa (19/5/2020).

“Sebenarnya kita berharap kita bisa ditandatangani lebih cepat tapi ini juga takdir Allah luar biasa pak menteri menandatangani SK-nya dan memberi kami kabar pada tanggal pada tanggal 26 Ramadan ini menjelang malam Lailatul Qadar kalau kita kaum muslimin,” kata Anis Matta.

Selain itu, Anis pun menyampaikan terimakasih kepada seluruh kader partai yang sudah bekerja mempersiapkan segala sesuatu untuk persyaratan menjadi partai politik di Indonesia.

“Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada pak menteri beserta seluruh jajarannya juga kepada teman-teman di Dewan Pimpinan Nasional dan seluruh pimpinan daerah yang telah bekerja keras pada hari ini satu tahap dari perjalanan kita,” ucap Anis Matta.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *