Dugaan Union Busting dan PHK Sepihak, FSPMI Bekasi Kecam PT Hotmal Jaya Perkasa

FSPMI
(Ilustrasi) Ketua PC SPAMK FSPMI Bekasi, Suparno, saat konsolidasi di Omah Buruh, Selasa, 17 Desember 2019. (Foto: Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Bekasi mengaku geram dengan sikap manajemen PT Hotmal Metal Jaya (HMJ) yang diduga memberhentikan secara sepihak seluruh anggota serikat pekerja FSPMI termasuk jajaran pengurus.

“Teman-teman sudah persuasif, itu awalnya dari pemotongan upah akibat dampak pendemi. Temen-temen sudah minta diskusi soal pemotongan upah, justru malah yang keluar adalah phk,” kata Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI, Suparno ketika dihubungi awak media, Minggu, 19 Juli 2020.

Suparno menjelaskan pihak perusahaan berupaya melakukan pemberangusan serikat, pasalnya seluruh pengurus Pimpinan Unit Kerja (PUK) SPAMK FSPMI justru yang diberhentikan.

“Itu sudah jelas union busting (pemberangusan serikat, Red) sangat kental, karena seluruh pengurus dan anggota semua diberhentikan, hanya disisakan delapan orang, semua anggota FSPMI,”kata dia yang juga menjabat sebagai ketua PC SPAMK FSPMI Bekasi.

PT Hotmal Jaya Perkasa
Buruh PT Hotmal Jaya Perkasa yang di-PHK. (Foto: ist)

Pria yang akrab disapa Parno ini menegaskan FSPMI meminta seluruh anggotanya dipekerjakan kembali, lantaran pekerjaan saat ini sangat dibutuhkan anggota dan proses PHK-pun dilakukan secara sepihak.

“Maka dari itu Pimpinan Cabang, jika ini tidak bisa dipekerjakan kembali, kita akan melakukan unjuk rasa pada tanggal 28-29 Juli. Surat pemberitahuan sudah disampaikan,”tegas dia.

Sebelumnya diberitakan Ketua PUK SPAMK FSPMI PT Hotmal Metal Jaya Eko mengatakan sebanyak 60 karyawan diberhentikan secara sepihak oleh manajemen. Mayoritas merupakan anggota serikat beserta semua pengurus serikat.

“Tanggal 13 Juli yang shift satu beberapa karyawan tidak boleh masuk oleh security. Security megang list nama yang ga boleh masuk. Sorenya muncul pengumuman daftar nama yang di PHK,” kata dia ditemui di Polres Metro Bekasi, Rabu, 15 Juli.

(sti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here