Lantik DPW Banten dan Jakarta, Ketua Umum Kapten Abdul Rauf Kembali Tegaskan Pemerintah Segera Buka Kembali Pengiriman TKI

DEWAWEB

BOGOR, UrbanJabar.com – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komunitas Penyedia Tenaga Kerja Internasional Indonesia (KAPTEN) Indonesia, Abdul Rauf, kembali melantik dua Pengurus Wilayah Kapten Indonesia yaitu DPW Banten dan DPW Jakarta, di Bogor, Jawa Barat, Rabu (05/08).

Dalam pelantikan tersebut, Abdul Rauf menghimbau DPW yang baru diLantik agar bisa fokus kedepan untuk membuat program kerja dalam mewujudkan tenaga kerja yang unggul. Banyak-nya PHK yang menimpa tenaga kerja di Indonesia sangat memprihatinkan oleh Beberapa pemerhati tenaga kerja, salah satunya adalah Kapten Indonesia.

“Sangat prihatin dengan kondisi Indonesia saat ini dilanda Pandemi. Sehingga banyak terjadi PHK. Ini menambah jumlah pengangguran karena sebelum Pandemi juga sudah banyak pengangguran,” kata Abdul Rauf saat ditemui awak media usai selesai melantik Dewan Pengurus Wilayah Banten dan Jakarta di Bogor, Rabu (05/08).

Lanjutnya, PHK yang terjadi di masa pandemi ini sangat besar. Ia memperkirakan sekitar 10 juta jiwa akan mengalami pengangguran. “Grafik PHK saat pandemi itu besar sekali, ada 4 juta tenaga kerja di Indonesia terancam di PHK di kemudian hari, di tambah 6 juta orang yang sebelum pandemi itu masih menganngur,” tuturnya kembali.

Selain itu, Rauf, juga menyanyangkan pemerintah karena sampai saat ini menutup pemberangkatan tenaga kerja diluar negeri. Padahal permintaan dari negara luar, seperti Jepang, Korea, dan Timur Tengah telah banyak, sehingga harusnya pemerintah sudah mencabut moratorium pengiriman TKI tersebut sedini mungkin

“Miris bagi kami ditutupnya beberapa Negara yang potensial bagi tenaga kerja Indonesia. Seharusnya itu yang dibuka secepat mungkin. Oleh karenanya kami menghimbau pemerintah, khususnya kementerian yang berkaitan dengan ketenagakerjaan supaya secepatnya membuka kembali pemberangkatan tenaga kerja luar negeri. Karena Negara-negara yang butuh tenaga kerja seperti Jepang, Korea dan beberapa Negara di timur tengah sangat membutuhkan tenaga kerja,” tutupnya dengan tegas.

Sebelumnya, diketahui DPP Kapten Indonesia juga telah melantik Cabang Istimewa negeri Jiran Malaysia. Pembentukan DPW-DPC dan DPC Istimewa secara massif adalah dalam rangka demi meringankan mesin kerja Kapten Indonesia dalam menuntaskan penganguran di Indonesia. (sh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here