Cakades Ingin Ada Kejelasan Jadwal Pilkades 2020

Sosialisasi Pilkades 1
Sosialisasi Pilkades, Selasa, 11 November 2019. (Sugiharta Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Para calon kepala desa mendesak Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja agar segera menentukan jadwal pemungutan suara Pilkades 2020.

Karena, hingga kini, belum ada kejelesana mengenai tahapan akhir pilkades itu. Tahun ini ada 16 desa yan menyelenggarakan pilkades.

“Tahapan demi tahapan sudah kami lalui, dari pengambilan nomor undi sampai kampanye. Tinggal nunggu pemilihannya saja. Sampai saat ini belum ada kepastian dari pak bupati,” kata Jamal, calon kepala Desa Tanjungsari, Kamis, 6 Agustus 2020.

Bupati, kata Jamal, harus bertanggung jawab atas hal ini. Karena tahapan lain sudah berlangsung, jangan sampai tidak ada keputusan pilkades tahun ini lontang-lanting.

“Kabupaten Bogor mereka bisa selenggarakan pilkades bulan 11. Kenapa Bekasi tidak? Ini tergantung kebijakan bupati. Harus tegas mengambil keputusan,” katanya.

Seharusnya, Jamal menilai, bupati yang pernah menjabat sebagai kepala Desa Waluya, memahami seperti apa dinamika masyarakat desa tanpa kepemimpinan kepala desa definitif. Sementara, masa bakti kepala desa sementara sudah hampir habis.

BACA: Komentar kepala DPMD atas desakan para cakades

“Yang jelas kebijakan dan keputusan (dalam lingkup desa). Terus terang, plt (kades sementara) juga kurang dipatuhi sama aparaturnya. Minggon aja banyak yang gak dateng, merasa dikucilkan istilahnya. Padahal fungsinya sama, SK dari Pak Bupati,” kata dia.

Jamal meminta jangan sampai para calon kades dari 16 desa ini dengan sangat terpaksa beraksi dengan masing-masing pendukungnya.

“Kita sebagai pemimpin, masa kita contohkan masyarakat akasi. Ini (soal pilkades) tergantung bupatinya. Harus bersikap tegas. Kita bisa tuntut,” demikian Jamal.

(eug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here