Anggota BPD Se-Kecamatan Setu Jalani Pelatihan Bangun Desa Berkualitas

  • Share
BPD Setu
Bimtek anggota BPD se-Kecamatan Setu di Bogor, Sabtu, 22 Agustus 2020. (Foto: Urbanjabar.com)

Urba­njabar.com, Kabupaten Bekasi – Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Setu mendapatkan pelatihan tentang peran serta dalam membangun desa berkualitas di salah satu hotel di kawasan Puncak, Bogor, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Mereka diberikan materi pelatihan oleh Tenaga Staf Ahli Kementerian Desa, Ujang Aliyudin. Anggota BPD diajarkan bagaimana tata kelola pemerintahan desa.

Sekretaris Forum BPD Kecamatan Setu, Anton Suryana, dikonfirmasi mengatakan adanya pelatihan ini banyak ilmu yang dapat diambil oleh anggota.

“Kegiatan ini memang sudah dari awal direncanakan. Anggota BPD diberikan banyak sekali materi pelatihan seperti tata pengelolaan desa, mekanisme merubah perdes dan lainnya,” kata Anton.

Tak hanya itu, Anton menjelaskan peserta juga diberikan arahan terkait perubahan APBDes terkait pandemi sesuai dengan peraturan pemerintah.

“Selama ini peran BPD di Kecamatan Setu sudah cukup baik, tapi juga alangkah lebih baiknya untuk terus ditingkatkan terutama pemahaman regulasi,” paparnya.

Ia menilai sinergi antara BPD dan kepala desa juga sudah berjalan baik, sehingga diharapkan dapat beriringan untuk sama-sama membangun desa.

Dalam kegiatan itu turut dihadiri Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Enop Can, dan Pelaksana Tugas (Plt) Camat Setu, Iman Santoso.

(eug)
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *