IJTI Bekasi Raya Gelar Aksi Solidaritas

IJTI Bekasi Raya
Anggota IJTI Bekasi Raya membentangkan spanduk berisi pesan solidaritas kepada rekan sejawat, Selasa, 1 September 2020. (Foto: Rizky)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Bekasi Raya menggelar aksi solidaritas di Simpang Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa, 1 September 2020.

Aksi kali menuntut agar penegak hukum menindak tegas segala bentuk kekerasan maupun intimidasi yang terjadi bagi para insan pers ketika menjalankan tugasnya.

Ketua IJTI Bekasi Raya, Rahmat Hidayat, aksi damai ini dilakukan sebagai bentuk nyata solidaritas insan pers di Bekasi Raya dan berharap aksi ini menjadi yang terakhir. Dia juga berharap agar aksinya ini dapat didengar oleh Pemerintahan khususnya Kabupaten Bekasi.

“Aksi damai ini merupakan bentuk solidaritas terhadap rekan kita yang selama bertugas mendapatkan tindakan kekerasan. Dan itu jelas Pelaku telah melanggar kode etik Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik serta mengancam kebebasan pers” ujarnya.

Atas tindakan premanisme yang menghalangi produk jurnalistik itu IJTI Bekasi Raya menyatakan sikap:

1. Mengutuk aksi kekerasan yang dilakukan oknum panitia terhadap jurnalis SCTV-Indosiar Ardy Yohaba;

2. Berharap POLRI dapat menentukan sikap untuk segera mengusut tuntas kasus ini dan menangkap pelaku premanisme terhadap Jurnalis;

3. Meminta Dewan pers dan IJTI Pusat melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap korban selama proses hukum berlangsung;

4. Menghimbau kepada semua jurnalis tv di daerah melakukan aksi solidaritas terhadap aksi kekerasan ini karena sudah mengancam kebebasan pers;

5. Meminta kepada seluruh jurnalis televisi tetap melakukan peliputan sesuai kaedah dan kode etik jurnalistik.

(eug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here