Alasan Dirumahkan, 3 Pekerja PT Denso Indonesia Diduga di-PHK dan Tidak Dapat Upah

FSPMI
(Ilustrasi) Ketua PC SPAMK FSPMI Bekasi, Suparno, saat konsolidasi di Omah Buruh, Selasa, 17 Desember 2019. (Foto: Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Status tiga pekerja PT Denso Indonesia hingga detik ini tidak jelas. Mereka dirumahkan oleh perusahaan  dan belum mengantongi gaji bulan Agustus 2020.

Padahal, ketiga pekerja itu masih bekerja mulai tanggal 1 Agustus sampai kira-kira 23 Agustus 2020.

Ketua PC SP AMK FSPMI Bekasi, Suparno, menjelaskan manajemen perusahaan yang masih bagian Astra Group itu melakukan efisiensi terhadap tiga pekerjanya karena pandemi covid-19.

Ketiga pekerja dengan status karyawan tetap itu adalah pengurus PUK SP AMK FSPMI PT Denso Indonesia, yakni Ketua PUK, Agus Tubagus Salam; Bidang Pendidikan, Suhardi, dan Bidang Advokasi, Ervan Fauzan.

“Cara pengurangan pekerjanya tidak melalui prosedur. Tidak ada pemberitahuan PHK, tidak ada bipartit. Hanya dibilang dirumahkan tapi upah Agustus tidak dibayar,” kata Suparno, Rabu, 2 September 2020.

Atas kasus itu, dia mengindikasikan telah terjadi Pasal 374 KUHP tentang Tindak Pidana Penggelapan dalam jabatan dan pemberangusan serikat pekerja (union busting) karena dalam hal itu, ketua PUK sebagai simbol organisasi justru turut terkena efisiensi.

Ketiga pekerja secara resmi itu telah menyerahkan tindak lanjut kasus ini kepada PC SP AMK FSPMI Bekasi.

“Kita sudah kirimkan surat somasi pada hari Senin (31 Agustus) agar upah ketiga pekerja itu dibayar dan dipekerjakan lagi seperti semula,” ucap dia.

Suparno mengaku terkejut ketika mendengar pernyataan secara lisan dari manajemen yang malah berniat menambah 3 pekerja dalam daftar efisiensi. Padahal di perusahaan itu diketahui masih terdapat karyawan kontrak.

“Bagi kami, PT Denso Indonesia sudah otak-atik eksistensi FSPMI. Besok pagi (3 September) KC FSPMI Bekasi akan mengirimkan surat pemberitahuan aksi unjuk rasa kepada PT Denso Indonesia berkaitan dengan hal ini,” ucap dia.

Unjuk rasa itu dijadwalkan berlangsung di pabrik yang terletak di Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, pada Kamis, 10 September 2020.

(eug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here