Prabu-PL Turut Serta pada Gerakan ‘Save Kali Cikarang’

Kali Cikarang
Penanaman pohon mangga di bantaran Kali Cikarang oleh Prabu PL, Senin, 14 September 2020. (Foto: istimewa)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Pencemaran lingkungan kali Cikarang semakin mengkhawatirkan. Perlu peran serta lapisan seluruh masyarakat dan pemerintah untuk dapat mengembalikan seperti semula fungsi kali tersebut.

Persatuan Pemuda Burangkeng Peduli Lingkungan (Prabu-PL) memastikan turut serta menjadi relawan Save Kali Cikarang dengan menerjunkan personil dalam kegiatan bersih-bersih kali itu.

“Kami menjadi bagian relawan save Kali Cikarang. Salah satunya mengawali dengan penanaman pohon penghijauan yang bertujuan sebagai penahan erosi,” kata Ketua Prabu-PL, Carsa Hamdani, Rabu, 16 September 2020.

Carsa menyebut pada Senin kemarin, Prabu-PL menerjunkan sebanyak 15 personil turut serta dalam penghijauan itu.

“Kita juga membawa berbagai jenis tanaman keras seperti Ketapang, Rambutan dan Mangga,” paparnya.

Penanaman pohon Penghijauan dimulai di Pos Pantau Shelter Jingga yang beralamat di Desa Sukajaya Kec Cikarang Barat diharapkan kedepannya dapat menahan erosi atau pengikisan lapisan tanah yang disebabkan oleh derasnya aliran air Kali Cikarang dan bentuk upaya preventif penanggulangan longsornya bataran kali.

Carsa menyampaikan, sampah saat ini jangan pernah dianggap remeh. Pentingnya pengetahuan dalam pengelolaan sampah tiap individu menjadi faktor utama agar tidak menjadi bom waktu.

Ia menambahkan, kesibukan setiap orang dalam beraktifitas sehari-hari menjadikan tidak memperhatikan kondisi lingkungan mereka, dan menyepelekan hal kecil seperti membuang sampah.

“Jika itu dibiarkan lama-kelamaan akan menjadi masalah besar. Pentingnya pengetahuan dan pemahaman dalam tata kelola sampah sudah saatnya dipahami setiap individu seperti pemahaman pola 3R,” ucapnya mengakhiri.

(sti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here