Dekopinda Kabupaten Bekasi Beri Pengetahuan Hukum untuk Anggota Koperasi

Ketua Dekopinda
Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar. (Foto: Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.comPuluhan Anggota Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi mengikuti lokakarya tentang hukum di Swissbel-Inn Cibitung, Selasa, 20 Oktober 2020.

Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar, menjelaskan hal itu dia gelar karena banyak anggota koperasi yang menyelenggarakan perjanjian tanpa berkekuatan hukum sehingga rawan penyimpangan.

“Kadang-kadang sifatnya hanya percaya. Tiba-tiba tak semua orang sama dengan koperasi pemikirannya. Masuklah ke ranah hukum, perlu membawa koperasi sadar akan hukum, saya bentuk pendampingan hukum untuk koperasi,” kata dia.

“Ada BPKH kita juga ada salah satu pimpinannya ketua bidang advokasi dan fasilitasi, udah beberapa ada membantu perselisihan dengan pengurus dan koperasi dengna pihak luar, intinya kita tetap kekeluargaan,” sambung Toto.

Bidang Advokasi Dekompinda, kata dia, siap memberikan pendampingan kepada koperasi karena status badan hukum itu.

Toto berahrap, dengan pelatihan itu, koperasi sadar dalam perjanjian kerja sama, nota kesepahaman (MoU), melibatkan orang yang mengerti hukum atau melibatkan Dekopinda bidang advokasi sehingga tidak salah atau berat sebelah menjalankan perjanjian kerja sama.

“Kadang-kadang kelemahan koperasi itu. Supaya tidak salah melangkah, itu kan kena juga. Sudah kita tidak ada bantuan dari pemerintah kita juga terus ada masalah didiemin, sehingga kami hadir membantu koperasi yang bermasalah,” demikian dia.

eug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here