Peresmian Presidium Competency Watch untuk Indonesia Maju, SDM unggul

Peresmian Presidium Competency Watch untuk Indonesia Maju, SDM unggul
DEWAWEB

Urbanjabar.com – Sebuah lembaga baru yang bernama Presidium Competency Watch terbentuk pada Selasa, (10/11), momen yang juga bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2020. Presidium Competency Watch beranggotakan anak muda yang kreatif untuk kepedulian terhadap Indonesia saat ini.

Koordinator Presidium Herdi Jaya Permana SE, didampingi anggota Presidium Aryo Dimas ST, Nur Cholis SE MM dan Rizal Fandani mengatakan Lembaga yang bergerak dibidang pembangunan Nasional dilaksanakan dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil makmur yang merata, baik materil maupun spiritual berdasarkan Undang Undang Dasar Negara Reupublik Indonesia Tahun 1945.

Dalam pelaksanaannya, katanya, sumber Daya Manusia mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting sebagai pelaku tujuan pembangunan. Maka diperlukan Pembangunan Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dan peransertanya dalam pembangunan. Untuk mencapai tujuan itu, sesungguhnya Indonesia sudah memiliki Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan sebagai Payung dalam pengaturan ketenagakerjaan.

Dalam rangka pembangunan ketenagakerjaan, di perlukan peningkatan dan pengembangan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas, dan kesejahteraaan. Sebab itulah dibentuk Badan Standar Nasional Profesi (BNSP).

Berdasarkan riset Bank Dunia Tahun 2018, indeks Sumber Daya Manusia (Human Capital Index/ HCI) Indonesia berada pada peringkat 87 dari 157 Negara, Nilai HCI Indonesia adalah 0,53 tertinggi dari beberapa negara di Asia Tenggara, walaupun mengalami kenaikan pada Tahun 2020, namun tetap saja Indonesia berada pada peringkat 87, Padahal prioritas utama pemerintah Joko Widodo adalah pembangunan Sumber Daya Manusia yang terkonsolidasi dengan baik, didukung Anggaran yang tepat sasaran sehingga terjadi peningkatan produktivitas tenaga kerja melalui peta jalan yang jelas, terukur dan hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat.

Tentunya menjadi evaluasi bersama perihal Peran BNSP sebagai Lembaga yang mempunyai tugas melakaanakan sertifikasi kompetensi kerja. Dan untuk itulah pada hari pahlawan ini, Kompetensi Leader Indonesia menghadirkan “Competency Watch “untuk bersama sama mewujudkan visit” Indonesia Maju, SDM unggul” tugas khusus kajian monitoring dan penelitian terhadap SDM Presidium Copany Watch diharapkan mampu menjadi solusi atas berbagai permasalahan bangsa Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here