GP Ansor Papua: Papua adalah Bagian dari NKRI

ket foto : Ketua PW GP Ansor Maluku, Papua Barat dan Papua, Halik Rumkel
DEWAWEB

JAKARTA, URBANJABAR.com – Peranan anak Muda Papua masih memantik diskusi panjang, pertanyaanya,  apakah peran pemuda papua masih pada bingkai kesatuan republik indonesia.

“Saya kira hari ini peran pemuda papua masih mengisi kemerdekaan NKRI. organisasi-oraganisasi kepemudaan di papua melakukan kaderisasi, dengan materi-materi yang masih dalam wacana kemerdekaan RI,” terang Halik Rumkel, Ketua PW GP Anshor Maluku, Papua, Papua Barat dalam webinar yang dieselenggarakan oleh Perhimpunan, pemerhati dan pemikir Indonesia timur (P3IT) berkerjasama dengan Ikatan Kekeluargaan Pelajar, Mahasiswa Sulawesi Selatan (IKAMI) Cabang Jaya Pura, Senin (16/11/2020).

Ia mengatakan, dalam melihat generasi pemuda papua mengisi kemerdekaan yang pertama semua ruang harus diberikan kepada generasi pemuda papua. Sumber daya alam yang begitu luar biasa harus dikelolah oleh SDM yang luar biasa pula.

“Semua komponen berbangsa ini juga harus melihat papua dari kacamata nasionalisme.” tambahnya.

Yang terpeniting, menurutnya saat ini, papua tidak lagi dipertanyakan apakah masih berada dalam lingkup NKRI.

“Narasi seperti ini sudah saatnya dihilangkan. Papua adalah bagian dari NKRI” tegasnya.

Dalam kesempaan yang sama, deputi Kemenpora RI, Mustadin Taggala juga menyampaikan bahwa anak muda Papua sudah tidak perlu merasa minder atau tidak percaya diri untuk menjadi bersaing di kancah internasional.

”Bahwa pemuda berkembang tidak lagi dipandang dari mana dia tinggal, apakah di Papua atau di daerah lain. tetapi dilihat dari kemampuan yang dimilikinya, potensi personal yang harus dimiliki untuk berkembang,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here