Ikhtiar Warga Mekarwangi Demi Pertahankan Makam Mede

Ikhtiar Warga Mekarwangi Demi Pertahankan Makam Mede
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Ratusan warga desa Mekarwangi, Cikarang Barat, mendatangi DPRD Kabupaten Bekasi untuk menyampaikan pengaduan langsung. Pengaduan terkait adanya rencana relokasi Makam Mede untuk perluasan perusahaan di Kawasan Industri Bekasi Fajar.

Kedatangan ratusan warga diterima Ketua Komisi 3 Helmi. Sejumlah perwakilan warga memasuki ruang rapat untuk menyampaikan aspirasi secara langsung.

“Kami mengadu terkait adanya rencana relokasi Makam Mede yang berlokasi di Desa Mekarwangi, padahal terkait hal itu bahwa kami mayoritas sebagai warga ahli waris kami semua menolak dengan dasar ini adalah makam sejarah leluhur dan sudah ada sejak lama sebelum Mekarwangi itu ada,” ucap Ustaz Tubagus Khoerudin selaku Ketua Penolakan Relokasi Makam Mede, Kamis (3/12/2020).

“Informasi bahwa akan direlokasi oleh pihak perusahaan PT Bekasi Fajar, dengan itu kami mengadu dan berharap dewan selaku wakil rakyat dapat membantu kami agar dapat mempertahankan kelestarian Makam Mede, juga berharap adanya perlindungan dan arahan seperti apa, yang berkaitan dalam persoalan kami ini,” sambung dia.

Sementara itu, Komisi 3 akan mengambil sikap dan tindakan lanjutan mengenai permasalahan begitu. Sekretaris Komisi 3 Mustakim menjelaskan tidak boleh ada pemaksaan atas hal itu.

“Kalo itu memang aset masih aset masyarakat, yang belum terjadi jual beli, plus kemudian BPN sudah mengatakan bahwa tanah itu memang belum bertuan, ya gak boleh dilakukan pemaksaan penggusuran atau penggalian makam, terutama kan ahli warisnya luar biasa banyaknya, makam lama kan bisa jadi cagar budaya,” kata dia, Kamis, 3 Desember 2020.

“Kalau memang itu haknya belum hak milik siapa-siapa, terus maksa digusur ya itu pidana. Orang itu gatau punya siapa kok main ambil aja, kan gitu, ya kita nanti komisi III akan sidak langsung ke lapangan lah,. Kita lihat,” sambung dia.

Atas pengaduan itu, warga berharap Komisi 3 dapat berada di pihak warga dalam upaya mempertahankan kelestarian Makam Mede.

(eug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here