Jelang Pilkades di Tengah Pandemi, Polisi Pastikan Petugas Siap

Jelang Pilkades di Tengah Pandemi, Polisi Pastikan Petugas Siap
Kapolres Metro Bekasi Kombes Candra saat berbincang dengan petugas Pilkades Mangunjaya, Rabu, 9 Desember 2020. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan, meninjau kesiapan pilkades di Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Rabu, 9 Desember 2020.

Kepada petugas pilkades, Kombes Hendra menyampaikan pengamanan akan terselenggara secara sistematis dan juga berlapis.

Dia menyatakan semua siap melaksanakan pemilihan dengan baik mengikuti Perbup dan siap mematuhi peraturan terkait protokol kesehatan covid-19.

“Saya meminta para calon kades memercayakan keberlangsungan tahapan pilkades kepada para saksi yang diutus,” ucapnya.

“Jadi setelah menggunakan hak pilih tidak menunggu di TPS, tetapi menunggu di rumah. Timses dan masyarakat lain juga diharapkann tidak berkerumun di TPS dan juga posko. Pantau secara virtual saja,” sambung dia.

Sistem pemungutan suara digelar per RW. Di Mangunjaya ada 49 TPS dengan jumlah pemilih 46.058 orang.

“Setelah pemungutan suara, dan penghitungan suara, hasil dari TPS dibawa ke desa untuk direkap. Setelah itu dibawa ke Pemda untuk dikumpulkan, dan ditetapkan oleh bupati siapa cakades yang terpilih,” demikian Hendra.

Beberapa jam sebelum pelaksanaan pilkades, Dinas Kesehatan akan menggelar rapid test terhadap petugas pilkades dan petugas keamanan untuk memastikan mereka terbebas dari covid-19.

(bks)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here