Naikkan Cukai Rokok 12,5%, Pemerintah Belum Serius Lindungi Anak Dari Zat Adiktif Rokok

Hery Chariansyah, Direktur Raya Indonesia
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Jakarta – Direktur RAYA Indonesia, Hery Chariansyah, S.H., M.H., mengapresiasi langkah pemerintah yang telah mengumumkan kenaikan cukai rokok untuk Tahun 2021 sebesar 12,5%. Tetapi lebih lanjut Hery menyatakan bahwa kenaikan cukai rokok sebesar 12,5% tidak terlalu besar, dan dikhawatirkan dampak ke harga jual rokok menjadi minimal, dan dampaknya kenaikan cukai rokok yang diumumkan pemerintah pada 10 Desember 2020 ini tidak berpengaruh terhadap penurunan konsumsi rokok di kalangan anak-anak dan remaja. Dengan demikian patut dianggap Pemerintah belum serius lindungi anak-anak Indonesia dari ancaman bahaya zat adiktif rokok. (11/12/2020)

Cukai rokok merupakan salah satu alat atau instrument efektif yang dapat dilakukan Pemerintah untuk mengendalikan konsumsi rokok khususnya dikalangan anak-anak dan remaja. Undang-Undang Cukai juga mengamanatkan bahwa cukai rokok adalah alat untuk pengendalian.

Oleh karenanya Cukai rokok harus tinggi setidaknya saat ini kenaikan cukai rokok haruslah sebesar 30% sehingga akan dapat berpengaruh terhadap harga jual, serta mencegah bertambahnya perokok pemula dan berpotensi menurunkan jumlah perokok pemula khususnya dikalangan anak-anak dan remaja. Tegas Hery.

Prevalensi perokok anak setiap tahun terus meningkat, pada Tahun 2013 – 2018 prevalensi perokok anak usia 10-18 Tahun meningkat sebesar 26.4%, angka ini jauh dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang merencanakan penurunan pravalensi perokok anak menjadi 5,4%. Angka ini secara tegas menunjukkan bahwa permasalahan bahaya zat adiktif rokok menjadi salah satu permasalahan yang mengancam tumbuh kembang anak-anak dan remaja Indonesia.

Dengan demikian Peningkatan harga cukai rokok ini menjadi sangat penting sebagai instrument pengendalian dan pencegahan agar anak-anak terlindungi dari bahaya zat adiktif rokok.

Pemerintah harus berani berdiri tegak melindungi anak-anak dari setiap ancaman yang dapat membahayakan hidup dan kesehatan anak-anak dan remaja Indonesia serta menjamin agar setiap anak dan remaja dapat hidup, tumbuh dan berkembang secara maksimal. Karena mereka adalah masa depan bangsa ini. Ujar Hery

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here