Hari Natal, Masa Penahanan 37 Napi Lapas Cikarang Dipangkas

Hari Natal, Masa Penahanan 37 Napi Lapas Cikarang Dipangkas
Lapas Cikarang. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Sebanyak 37 narapidana Lapas Cikarang mendapat remisi hari raya Natal, Jumat, 25 Desember 2020.

“Untuk tahun ini jumlah warga binaan yang mendapatkan masa pemotongan tahanan berjumlah 37 orang, dengan pemotongan dari 15 hari, satu bulan sampai satu setengah bulan” ujar Kepala Lapas Cikarang, Nur Bambang Supri Handono.

Pemberian remisi dilihat dari kelakuan para warga binaan dalam menjalankan masa hukuman selama menjalani pemasyarakatan.

“Dan juga sudah sesuai dengan keputusan Mentri hukum dan hak azasi manusia,” ucap dia.

Pemotongan masa tahanan atau remisi kepada 37 warga binaan, yang dilakukan lembaga pemasyarakatan pasir tanjung sudah sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012, kemudian Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Berdasarkan data Lapas Cikarang per tanggal 25 Desember 2020, jumlah yahanan ada 383 orang, narapidana 1.494 orang dengan jumlah Total 1.877 orang

“Syarat-syarat Narapidana yang berhak untuk memperoleh Remisi Khusus Natal diberikan kepada narapidana beragama Nasranu yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantive,” kata dia.

“Di antaranya telah menjalani pidana minimal 6 (enam) bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), serta aktif mengikuti program pembinaan di lapas/rutan berkelakuan baik dalam kurun waktu Remisi Berjalan,” demikian Nur Bambang.

(bks)

Data singkat

Pemotongan tahanan selama 15 Hari: 1 orang.
Pemotongan masa tahanan selama 1 Bulan: 29 orang, Pemotongan tahanan selama 1 Bulan 15 Hari: 7 orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here