Dekopinda Bekasi Pastikan Perselisihan KPRI Guru Babelan Berujung Damai

Ketua Dekopindoto Iskandar. (Foto: Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com – Kabupaten Bekasi, Perselisihan antara pengurus dan anggota Koperasi Guru Republik Indonesia (KPRI)Guru  Kecamatan Babelan dipastikan berujung damai. Pihak pengurus bakal membalikan hak anggota.

Hal ini, berkat mediasi yang dilakukan bidang hukum Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi untuk menyelesaikan masalah antara kedua belah pihak.

“Sudah difasilitasi untuk mediasi, dan alhamdulilah menemui titik temu. Bidang hukum Dekopinda tidak membela pengurus, tapi badan hukum,”kata Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar.

Toto menjelaskan, sejumlah anggota KPGRI mendatangi bidang hukum Dekopinda, dan menjelaskan kronologis masalah, “Dekopinda mengupayakan mediasi dahulu sebelum ke ranah hukum. Ini lebih elok,”kata dia.

Kesepakatan pun dikatakan Toto diikat dalam akta Van dadding atau akta perdamaian, sehingga diikat oleh hukum, “Bidang hukum memang dibentuk untuk memberikan bantuan hukum dan pemahaman hukum koperasi,”ucapnya.

Diketahui, perselisihan sudah berlarut-larut hingga bidang hukum Dekopinda turun tangan berdasarkan laporan anggota, menurut Toto kesalahan pengelola menjadi awal masalah.

Menurut informasi KPRI guru Babelan sebesar itu terindikasi salah administrasi dalam mengelola keuangan koperasi.

Toto menjelaskan, kedepan Dekopinda akan terus memberikan edukasi dalam bidang hukum untuk koperasi yang ada di kabupaten Bekasi, agar tidak terjadi kesalahan hukum dalam mengelola koperasi.

“Bidang hukum dibentuk, untuk memberikan edukasi dalam bidang hukum koperasi, siapapun koperasi yang ingin konsultasi silahkan. Edukasi pun kedepan akan terus genjot,”paparnya.

Ketua Bidang Hukum Dekopinda Kabupaten Bekasi, Dian Rustandi menyebutkan akte perdamaian bernomor 300/PDT.G/2020/PN sudah dikeluarkannya Pengadilan Negeri (PN) Cikarang.

“Bersepakat untuk tidak menempuh jalur hukum dan pengurus diwajibkan mengembalikan hak-hak para anggota,”ujar Dian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here